Mengenang Detik-detik Serangan Teroris 9/11: AS Kacau, Bush Berlindung di Bunker Nuklir

Senin, 11 September 2023 - 09:03 WIB
loading...
Mengenang Detik-detik Serangan Teroris 9/11: AS Kacau, Bush Berlindung di Bunker Nuklir
Detik-detik pesawat yang dibajak kelompok teroris menghantam menara kembar WTC di New York, Amerika Serikat, 11 September 2001. Serangan 9/11 ini serangan paling mematikan dalam sejarah AS. Foto/REUTERS/Sean Adair
A A A
NEW YORK CITY - Hari ini (11/9/2023) tepat 22 tahun serangan teroris paling mematikan dalam sejarah Amerika Serikat (AS) terjadi. Serangan 11 September 2001 atau dikenal sebagai serangan 9/11 ini menewaskan 2.977 orang, mendorong Amerika meluncurkan perang ke berbagai negara.

Momen tersebut mengejutkan Amerika. Dua pesawat, yang dibajak oleh kelompok teroris al-Qeda yang bersumpah akan membunuh seluruh warga Amerika, menabrak menara kembar di World Trade Center (WTC) di New York.

Pesawat ketiga diterbangkan ke Pentagon di Washington, DC. Pesawat keempat, yang diduga sedang menuju Gedung Putih atau US Capitol, secara heroik dialihkan oleh para penumpang dan akhirnya jatuh di sebuah lapangan kosong di Pennsylvania.



Setelah laporan mengenai pesawat pertama menabrak Menara Utara WTC, jutaan orang menyaksikan pesawat kedua menabrak Menara Selatan WTC melalui siaran langsung televisi.

Itu adalah peristiwa yang menakutkan, mengejutkan, dan merendahkan hati negara Amerika Serikat.

Serangan 9/11 adalah yang paling mematikan di Amerika sejak serangan mendadak di Pearl Harbor 60 tahun sebelumnya, dan rasa kemarahan masih mengingatkan publik Amerika pada momen itu.

Serangan di New York terjadi di kota tersibuk di negara itu pada hari kerja yang sibuk. Sifat serangan yang terjadi secara bertahap berarti bahwa cuplikan berita menangkap hampir semua hal yang terjadi, memastikan bahwa jutaan orang Amerika melihat peristiwa tersebut persis seperti yang terjadi.

Detik-detik Serangan Teroris 9/11 di AS

11 September 2001

Pukul 05.45


Mohamed Atta dan Abdul Aziz al-Omari, dua calon pembajak pesawat, melewati pemeriksaan keamanan di Portland International Jetport di Maine. Mereka menaiki penerbangan komuter ke Bandara Internasional Boston Logan, kemudian menaiki American Airlines Flight 11.


Pukul 07.59


American Airlines Flight 11 lepas landas dari Boston, menuju Los Angeles, California. Ada 76 penumpang, 11 awak kapal, dan 5 pembajak di dalamnya.


Pukul 08.15


United Airlines Flight 175 lepas landas dari Boston, juga menuju Los Angeles. Ada 51 penumpang, 9 awak, dan 5 pembajak di dalamnya.


Pukul 08.19


Pramugari di Flight 11, Betty Ann Ong, memberi tahu personel darat bahwa pembajakan sedang berlangsung dan kokpit tidak dapat dijangkau.

Pukul 08.20


American Airlines Flight 77 lepas landas dari Dulles, di luar Washington, DC, menuju Los Angeles. Ada 53 penumpang, 6 awak, dan 5 pembajak di dalamnya.

Pukul 08.24


Mohamed Atta, seorang pembajak di Flight 11, secara tidak sengaja memberi tahu pengontrol udara di Boston tentang serangan tersebut. Dia bermaksud menekan tombol yang memungkinkan dia berbicara dengan penumpang dalam penerbangannya.

Pukul 08.37


Setelah mendengar siaran dari Atta di Flight 11, pengatur lalu lintas udara Boston memperingatkan Sektor Pertahanan Timur Laut Angkatan Udara AS, yang kemudian mengerahkan Garda Nasional Udara untuk mengikuti pesawat tersebut.

Pukul 08.42

United Airlines Flight 93 lepas landas dari Newark, New Jersey, setelah tertunda karena lalu lintas rutin. Itu menuju San Francisco, California. Ada 33 penumpang, 7 awak, dan 4 pembajak di dalamnya.

Pukul 08.46


Flight 11 menabrak Menara Utara World Trade Center. Semua penumpang di dalamnya tewas seketika, dan pegawai WTC terjebak di atas lantai 91.

Pukul 09.03

Flight 175 menabrak Menara Selatan WTC. Semua penumpang di dalamnya tewas seketika dan begitu pula jumlah orang di menara yang tidak diketahui jumlahnya.

Pukul 09.05


Presiden George Walker Bush, di ruang kelas sekolah dasar di Florida, diberitahu tentang runtuhnya menara kedua WTC. Kepala stafnya, Andrew Card, membisikkan berita mengerikan itu ke telinga presiden. Bush kemudian menulis tentang tanggapannya: “Saya membuat keputusan untuk tidak langsung melompat dan meninggalkan ruang kelas. Saya tidak ingin membuat anak-anak bingung. Saya ingin menunjukkan rasa tenang. Saya sudah cukup mengalami krisis untuk mengetahui bahwa hal pertama yang harus dilakukan pemimpin adalah menunjukkan ketenangan.”

Bush di Sekolah Dasar


Presiden Bush berpartisipasi dalam demonstrasi membaca pada pagi hari tanggal 11 September 2001 di Sekolah Dasar Emma E. Booker di Sarasota, Florida.

Pukul 09.28


Pembajak pesawat menyerang Flight 93.


Pukul 09.37


Flight 77 menabrak Pentagon. Semua penumpang di dalamnya tewas seketika dan begitu pula 125 personel sipil dan militer di dalam gedung.

Pukul 09.45


Wilayah udara AS ditutup dalam Operasi Pita Kuning. Seluruh pesawat sipil diperintahkan mendarat di bandara terdekat.

Pukul 09.55


Air Force One dengan Presiden George W Bush di dalamnya lepas landas dari Florida.

Pukul 09.57


Penumpang Flight 93 mulai berlari menuju kokpit. Sang pilot mulai memutar pesawat maju mundur dalam upaya untuk menggoyahkan pembajakan.

Pukul 09.59


Menara Selatan World Trade Center runtuh.


Pukul 10.02


Flight 93 menabrak ladang kosong di Shanksville, Pennsylvania. Meskipun target utamanya tidak diketahui, kemungkinan besar pesawat tersebut menuju Gedung Putih atau Gedung Kongres AS.

Pukul 10.18


Presiden Bush mengizinkan pesawat apa pun yang tidak dilarang terbang untuk ditembak jatuh. Saat itu, keempat pesawat yang dibajak sudah jatuh namun tim presiden beroperasi dengan kesan bahwa Flight 93 masih mengudara.

Pukul 10.28


Menara Utara World Trade Center runtuh.


Pukul 10.53


Menteri Pertahanan Donald Rumsfeld memerintahkan militer AS untuk beralih ke tingkat siaga yang lebih tinggi, menuju DEFCON 3.

Pukul 11.45


Air Force One mendarat di Pangkalan Angkatan Udara Barksdale dekat Shreveport, Louisiana.

Pukul 12.15


Wilayah udara di Amerika Serikat sepenuhnya bebas dari semua penerbangan komersial dan pribadi.

Pukul 13.30


Air Force One meninggalkan Barksdale.

Pukul 14.30


Rudy Giuliani, Wali Kota New York City, mengunjungi Menara Kembar World Trade Center yang runtuh di tempat yang dikenal sebagai Ground Zero.

Pukul 15.00


Air Force One mendarat di Pangkalan Angkatan Udara Offutt di Nebraska, dan Presiden Bush segera dibawa ke bunker aman yang mampu menahan serangan nuklir.

Pukul 16.30


Air Force One meninggalkan Offutt dan kembali menuju pangkalan Angkatan Udara Andrews dekat Washington, DC.


Pukul 17.30


Gedung 7 World Trade Center runtuh.


Pukul 20.30

Presiden Bush berpidato di depan rakyat AS.
(mas)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1088 seconds (0.1#10.140)