10 Fakta Menarik Maroko, dari Didirikan Cicit Nabi Muhammad hingga Memiliki Universitas Tertua di Dunia

Minggu, 10 September 2023 - 18:10 WIB
loading...
10 Fakta Menarik Maroko, dari Didirikan Cicit Nabi Muhammad hingga Memiliki Universitas Tertua di Dunia
Maroko merupakan negara yang unik dan indah. Foto/nativemorocco
A A A
MARAKESH - Kerajaan Maroko adalah negara berdaulat di Afrika Utara. Sejak berdirinya negara Maroko pertama pada tahun 788 M, negara ini telah diperintah oleh banyak dinasti dengan dinasti Alaouite, dinasti yang berkuasa saat ini, yang memperoleh kekuasaan pada tahun 1631.

Kota, istana, benteng, masjid, dan bangunan lain yang dibangun oleh dinasti ini berbagai dinasti tersebar di seluruh negeri. Banyak di antaranya yang dianggap sebagai keajaiban arsitektur.

Maroko juga merupakan pusat kebudayaan dunia Islam abad pertengahan dan para cendekiawan Islam dari berbagai belahan dunia Arab berkumpul di sini untuk berdiskusi tentang agama dan sains. Negara ini dikaitkan dengan kekayaan sejarah dan budaya yang menjadikannya tempat unik yang layak untuk dikunjungi.

Berikut adalah 10 fakta paling menarik terkait Maroko.

1. Resor Ski Tertinggi di Afrika Ada di Maroko

10 Fakta Menarik Maroko, dari Didirikan Cicit Nabi Muhammad hingga Memiliki Universitas Tertua di Dunia

Foto/World Atlas

Melansir World Atlas, terletak sekitar 80 km dari Marrakesh di Maroko, OukaĂŻmeden adalah resor ski, yang tertinggi di Afrika. Terletak di Pegunungan Atlas pada ketinggian antara 8,500 kaki dan 10,500 kaki.

Resor ski ini memiliki enam lift ski dan fasilitas lainnya untuk membantu pemain ski menikmati pengalaman bermain ski.


2. Maroko Menjadi Tuan Rumah Universitas Tertua yang Terus Beroperasi

Universitas Al Quaraouiyine terletak di kota Fez di Maroko. Didirikan pada tahun 859 oleh Fatima al-Fihri, putri terpelajar dari seorang saudagar kaya.

Untuk jangka waktu yang lama, universitas ini berfungsi sebagai pusat pendidikan dan spiritual terkemuka di dunia Muslim Arab. Banyak sarjana Arab terkenal yang mengajar di universitas ini.

Saat ini, universitas tersebut merupakan bagian dari sistem universitas negeri di negara tersebut. Kajian hukum dan agama Islam menjadi fokus utama universitas ini.

3. Ibnu Batutah Berasal dari Maroko

Sarjana dan penjelajah Islam terkenal Ibnu Batutah berasal dari Maroko. Ia hidup pada abad ke-14 dan melakukan perjalanan ke berbagai belahan dunia termasuk Afrika Utara, Tanduk Afrika, Asia Selatan, Tengah dan Tenggara, serta Timur Tengah.

Dia mencatat semua perjalanannya yang menjadi harta sejarah saat ini dan mengungkapkan banyak hal tentang peradaban abad pertengahan.

4. Maroko Didirikan oleh Keturunan Nabi Muhammad SAW

Idris I mendirikan dinasti Idrisid yang menyiapkan landasan bagi berdirinya Maroko sebagai negara merdeka di masa depan. Idris I adalah cicit Nabi Muhammad SAW.

Pada tahun 786, Idris I mengungsi ke Maroko setelah melarikan diri dari medan perang Pertempuran Fakhkh.

5. Patung Manusia Tertua Ditemukan di Maroko

Venus Tan-Tan adalah sepotong batu kuarsit berbentuk manusia sepanjang 6 cm yang ditemukan pada tahun 1999 di tepi utara Sungai Draa di Maroko selama ekspedisi arkeologi.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1860 seconds (0.1#10.140)