Presiden Lula da Silva: Putin Tidak Akan Ditangkap pada KTT G20 di Brasil Tahun 2024

Minggu, 10 September 2023 - 15:48 WIB
loading...
Presiden Lula da Silva: Putin Tidak Akan Ditangkap pada KTT G20 di Brasil Tahun 2024
Presiden Rusia Vladimir Putin akan diundang ke KTT G20 di Brasil pada 2023. Foto/Reuters
A A A
NEW DELHI - Presiden Brasil Luiz Inacio Lula da Silva menegaskan bahwa Presiden Rusia Vladimir Putin tidak akan ditangkap di Brasil jika dia menghadiri pertemuan G20 di Rio de Janeiro tahun depan.

Diwawancarai di sela-sela pertemuan G20 di Delhi oleh kantor berita Firstpost, Lula mengatakan Putin akan diundang ke acara tahun depan. Lula menambahkan bahwa ia sendiri berencana menghadiri pertemuan blok negara-negara berkembang BRICS yang dijadwalkan di Rusia sebelum pertemuan di Rio.

“Saya yakin Putin bisa pergi dengan mudah ke Brasil,” kata Lula. “Apa yang bisa saya katakan kepada Anda adalah jika saya presiden Brazil, dan dia datang ke Brazil, tidak mungkin dia akan ditangkap.”

Mahkamah Internasional mengeluarkan surat perintah penangkapan terhadap Putin pada bulan Maret, menuduhnya melakukan kejahatan perang dengan mendeportasi ratusan anak secara ilegal dari Ukraina. Rusia membantah pasukannya terlibat dalam kejahatan perang atau mengambil paksa anak-anak Ukraina.



Putin telah berulang kali melewatkan pertemuan internasional, dan tidak hadir pada pertemuan G20 di Delhi, sehingga mengirim Menteri Luar Negeri Sergei Lavrov.

Brasil adalah negara penandatangan Statuta Roma yang menjadi cikal bakal berdirinya ICC. Kantor Presiden Lula tidak segera menanggapi permintaan komentar.

Pada Sabtu, negara-negara G20 mengadopsi deklarasi konsensus yang tidak mengutuk Rusia atas perang di Ukraina, namun menyerukan semua negara untuk tidak menggunakan kekerasan untuk merebut wilayah.
(ahm)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1024 seconds (0.1#10.140)