Ini Reaksi Dunia soal Gempa Dahsyat Maroko Tewaskan Ribuan Orang

Minggu, 10 September 2023 - 02:08 WIB
loading...
Ini Reaksi Dunia soal Gempa Dahsyat Maroko Tewaskan Ribuan Orang
Gempa dahsyat yang mengguncang Maroko telah menewaskan 1.037 orang hingga Sabtu (9/9/2023). Para pemimpin dunia sampaikan belasungkawa. Foto/REUTERS/Abdelhak Balhaki
A A A
MARRAKESH - Gempa dahsyat magnitudo 6,8 yang mengguncang Maroko telah menewaskan ribuan orang. Para pemimpin dunia menyampaikan belasungkawa dan siap menyalurkan bantuan.

Gempa pada Jumat malam waktu setempat melanda provinsi Al Haouz, Ouarzazate, Marrakesh, Azilal, Chichaoua dan Taroudant.

Kementerian Dalam Negeri Maroko pada Sabtu (9/9/2023) mengatakan jumlah korban tewas telah mencapai 1.037 orang. Korban luka 1.200 orang, termasuk ratusan dalam kondisi kritis. Banyak bangunan kuno juga hancur.



Reaksi Dunia atas Gempa Dahsyat Maroko


Indonesia


Presiden Indonesia Joko Widodo (Jokowi) menyampaikan belasungkawa melalui media sosial X.

"Saya turut berbelasungkawa sedalam-dalamnya kepada masyarakat Maroko setelah gempa tragis. Pikiran dan doa kami bersama para korban, keluarga mereka, dan semua orang yang terkena dampak insiden ini," bunyi terjemahan bahasa Inggris dari posting akun resmi Presiden Jokowi.


Uni Afrika


Ketua Komisi Uni Afrika Moussa Faki Mahamat menyatakan “kepedihan yang luar biasa” atas gempa bumi dahsyat di Maroko.

“Saya mengetahui dengan sangat sedih atas konsekuensi tragis gempa bumi yang melanda kerajaan Maroko,” kata Mahamat, sambil menyampaikan belasungkawa yang tulus kepada Raja Mohammed VI, rakyat Maroko, dan keluarga para korban.

China


Presiden China Xi Jinping mengirimkan pesan belasungkawa kepada Raja Mohammed VI dari Maroko. Demikian laporan stasiun televisi pemeritah China, CCTV.

“Saya terkejut mengetahui bahwa gempa bumi kuat telah terjadi di negara Anda yang terhormat, menyebabkan banyak korban jiwa dan kerusakan properti,” kata Xi.

“Atas nama pemerintah dan rakyat China, saya ingin menyampaikan duka mendalam saya terhadap para korban dan belasungkawa yang tulus kepada keluarga mereka. Saya percaya bahwa, di bawah kepemimpinan Yang Mulia Raja, pemerintah dan rakyat Maroko akan mampu mengatasi dampak bencana ini dan membangun kembali tanah air mereka secepatnya.”


Uni Eropa


Uni Eropa mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa pusat tanggap daruratnya sedang memantau situasi dan siap membantu.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1552 seconds (0.1#10.140)