Gempa Maroko Tewaskan Ribuan Orang, Jokowi Sampaikan Belasungkawa

Sabtu, 09 September 2023 - 22:59 WIB
loading...
Gempa Maroko Tewaskan Ribuan Orang, Jokowi Sampaikan Belasungkawa
Gempa dahsyat yang mengguncang Maroko telah menewaskan 1.037 orang hingga Sabtu (9/9/2023). Presiden Indonesia Joko Widodo sampaikan belasungkawa. Foto/REUTERS/Abdelhak Balhaki
A A A
JAKARTA - Gempa magnitudo 6,8 yang mengguncang Maroko pada Jumat malam telah menewaskan ribuan orang. Presiden Indonesia Joko Widodo (Jokowi) pada Sabtu (9/9/2023) menyampaikan belasungkawa.

"Saya turut berbelasungkawa sedalam-dalamnya kepada masyarakat Maroko setelah gempa tragis. Pikiran dan doa kami bersama para korban, keluarga mereka, dan semua orang yang terkena dampak insiden ini," bunyi terjemahan bahasa Inggris daripostingakun resmi Presiden Jokowi di media sosial X.

Bencana ini telah merusak bangunan-bangunan kuno, dan membuat penduduk berlarian ketakutan meninggalkan rumah mereka ke jalan-jalan demi mencari keselamatan.



Stasiun televisi pemerintah Maroko melaporkan jumlah korban tewas hingga Sabtu sudah tercatat 1.037 orang. Lebih dari 1.200 orang lainnya terluka. Data ini mengutip Kementerian Dalam Negeri Maroko.

Jumlah korban tewas dikhawatirkan bisa bertambah karena dari ribuan korban luka, 205 di antaranya dalam kondisi kritis.

Montasir Itri, warga desa pegunungan Asni dekat pusat gempa, mengatakan sebagian besar rumah di sana rusak.

“Tetangga kami berada di bawah reruntuhan dan orang-orang bekerja keras untuk menyelamatkan mereka menggunakan sarana yang tersedia di desa,” katanya.



Warga Marrakesh, kota besar terdekat dengan pusat gempa, mengatakan beberapa bangunan runtuh di kota tua tersebut, yang merupakan situs Warisan Dunia UNESCO.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1285 seconds (0.1#10.140)