BREAKING NEWS: Gempa 6,9 SR Guncang Maroko, 300 Orang Tewas, 150 Warga Terluka

Sabtu, 09 September 2023 - 10:27 WIB
loading...
BREAKING NEWS: Gempa 6,9 SR Guncang Maroko, 300 Orang Tewas, 150 Warga Terluka
Kehancuran terlihat akibat gempa bumi yang mengguncang Maroko. Foto/telegram
A A A
RABAT - Gempa bumi berkekuatan 6,9 skala Richter (SR) melanda Maroko pada Jumat malam (8/9/2023), menyebabkan ribuan orang berlarian keluar rumah untuk menghindari kemungkinan runtuhnya bangunan.

Mengutip Kementerian Dalam Negeri Maroko, pernyataan yang dikeluarkan militer negara tersebut menyebutkan jumlah korban tewas terbaru adalah 296 orang.

Jumlah tersebut mencakup provinsi Al Haouz, Marrakesh, dan Ouarzazate yang terkena dampak. Sebanyak 153 orang lainnya tercatat mengalami luka-luka.



Bacaan awal yang dikeluarkan Pusat Seismologi Eropa-Mediterania (EMSC) mengindikasikan gempa terjadi sekitar pukul 23.11 waktu setempat di kedalaman 10 kilometer.

Pusat gempa tercatat sekitar 77 kilometer dari Marrakesh dekat kota Al-Haouz, di mana laporan lokal merinci beberapa warga terjebak di rumah-rumah yang roboh.

Dua gempa susulan berkekuatan 4,8 dan 3,4 tercatat oleh petugas.

Rekaman dari tempat kejadian menunjukkan orang-orang yang panik meninggalkan rumah mereka demi keamanan di alun-alun terdekat.

Banyak foto yang muncul menunjukkan bangunan-bangunan berubah menjadi puing-puing dan mobil-mobil di dekatnya hancur tertimpa bangunan yang runtuh.

Kesaksian yang diperoleh EMSC menggambarkan gempa tersebut sebagai gempa yang "menakutkan dan berlangsung lama" bahkan setelah gempa susulan mengguncang wilayah tersebut.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1506 seconds (0.1#10.140)