5 Fakta Rustem Umerov, Menteri Pertahanan Baru Ukraina yang Ditunjuk Saat Perang

Jum'at, 08 September 2023 - 13:30 WIB
loading...
5 Fakta Rustem Umerov, Menteri Pertahanan Baru Ukraina yang Ditunjuk Saat Perang
Menteri Pertahanan (Menhan) Ukraina yang baru diangkat, Rustem Umerov. Foto/REUTERS
A A A
KIEV - Rustem Umerov telah ditunjuk sebagai Menteri Pertahanan (Menhan) baru Ukraina oleh Presiden Volodymyr Zelensky. Baru-baru ini, Parlemen Kiev juga sudah menyetujui penunjukannya.

Mengutip laman Reuters, Jumat (8/9/2023), Umerov nantinya akan menggantikan pendahulunya, yakni Oleksii Reznikov. Sebelumnya, Reznikov sendiri mengalami tuduhan korupsi dan berakhir dipecat oleh Zelensky.

Lantas, seperti apakah sosok Rustem Umerov yang menjadi Menhan baru Ukraina ini? Untuk mengenalnya lebih jauh, simak sederet faktanya berikut.

Fakta Rustem Umerov

1. Berasal dari Etnis Tatar Krimea


Pada latar belakangnya, Umerov diketahui berasal dari Tatar Krimea. Mengutip laman Al Jazeera, etnis tersebut merupakan kelompok Muslim Sunni Turki yang dulunya mendiami wilayah Krimea.

Sekitar tahun 1944, terdapat sebuah peristiwa deportasi besar-besaran yang melibatkan etnis Tatar Krimea. Tercatat, sekitar 180.000 warga etnis ini dideportasi dari Krimea ke Uzbekistan atas perintah Joseph Stalin.

Saat peristiwa deportasi itu, keluarga Umerov juga menjadi salah satu korbannya. Sekitar 1991, dia bersama keluarganya kembali ke Krimea selama repatriasi Tatar Krimea.

2. Seorang Poliglot


Rustem Umerov dikatakan sebagai seorang poliglot atau orang yang mahir menggunakan banyak bahasa. Saat berada di asrama elit, dia mempelajari sekitar lima bahasa berbeda.

Di antaranya seperti Ukraina, Tatar, Rusia, Turki, dan Inggris. Kelebihannya ini menjadi salah satu nilai tambah pada perjalanan kariernya ketika beranjak dewasa.

Tercatat, Umerov pernah menjadi bagian dari Program Pertukaran Pemimpin Masa Depan yang dijalankan Departemen Luar Negeri Amerika Serikat. Saat itu, dia dikirim ke AS sebelum bergabung dengan European Youth Parliament.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1300 seconds (0.1#10.140)