Jet-jet Suriah Tetap Terbang dari Pangkalan yang Dibombardir AS

Sabtu, 08 April 2017 - 14:16 WIB
Jet-jet Suriah Tetap...
Jet-jet Suriah Tetap Terbang dari Pangkalan yang Dibombardir AS
A A A
DAMASKUS - Pesawat-pesawat tempur Suriah dilaporkan lepas landas dari pangkalan udara Shayrat. Mereka terbang kurang dari 24 jam setelah dihajar puluhan rudal jelajah Amerika Serikat (AS).

Angkatan Laut AS menembakkan 59 rudal jelajah ke pangkalan udara tersebut. Sedikitnya tujuh orang tewas dan menyebabkan apa yang digambarkan sebagai kerusakan yang luas.

Tapi dalam beberapa jam itu kembali digunakan menurut Observatorium Suriah untuk Hak Asasi Manusia (SOHR). Menurut kelompok yang berbasis di Inggris itu, jet tentara Suriah lepas landas untuk melakukan serangan di wilayah pejuang di dekat Homs.

"Mereka telah melakukan sesuatu yang mustahil untuk terus menggunakan pangkalan udara itu untuk serangan mendadak," kata SOHR seperti dikutip dari Independent, Sabtu (8/4/2017).

Serangan udara AS memicu keributan dunia internasional setelah mereka dikutuk oleh Rusia. Pemerintah Vladimir Putin, yang secara konsisten mendukung Presiden Suriah Bashar al-Assad, mengatakan serangan itu pelanggaran terhadap hukum internasional.

Sedangkan Perdana Menteri Rusia, Dmitry Medvedev mengatakan, AS telah datang “dalam jarak satu inci” untuk bentrok dengan pasukan Rusia.

Citra satelit menunjukkan jika pangkalan udara Shayrat adalah rumah bagi pasukan khusus Rusia dan helikopter militer.

AS mengatakan telah memberi Rusia peringatan satu jam sebelum melakukan serangan. Itu sengaja dilakukan untuk menghindari bagian dari pangkalan udara di mana tentara dan peralatan Rusia disimpan.
(ian)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.0865 seconds (0.1#10.140)