5 Negara Mayoritas Muslim Musuh Israel, Nomor 3 Sering Jadi Target Serangan Udara Negara Zionis

Kamis, 07 September 2023 - 02:07 WIB
loading...
A A A
Pemimpin de facto Arab Saudi Pangeran Mohammed bin Salman memang berusaha mendekatkan negara tersebut kepada Israel. Tapi, hal itu dilakukan perlahan-lahan. Pasalnya, dia memahami sejarah bahwa Saudi adalah musuh Israel.

“Bagi kami, kami berharap konflik antara Israel dan Palestina dapat diselesaikan,” kata sang pangeran kepada The Atlantic, menurut transkrip yang dikeluarkan oleh Saudi Press Agency.

"Kami tidak melihat Israel sebagai musuh, kami melihat mereka sebagai sekutu potensial, dengan banyak kepentingan yang bisa kita kejar bersama... Tapi kita harus menyelesaikan beberapa masalah sebelum mencapai tujuan itu."

Arab Saudi tidak memiliki hubungan diplomatik dengan Israel, tetapi pada tahun 2020 sekutu Teluk Bahrain dan Uni Emirat Arab menormalisasi hubungan dengan negara Yahudi tersebut.

Kesepakatan normalisasi berdasarkan Perjanjian Abraham yang ditengahi AS membuat marah warga Palestina, yang mengecam perjanjian tersebut sebagai “tikaman dari belakang”.

Hubungan Saudi dengan musuh bebuyutan Israel, Iran, yang disalahkan oleh negara-negara Teluk karena menciptakan kekacauan di kawasan, pada saat yang sama menunjukkan tanda-tanda perbaikan dengan beberapa putaran perundingan yang diselenggarakan oleh Irak.

"Mereka adalah tetangga. Tetangga selamanya. Kita tidak bisa menyingkirkan mereka, dan mereka juga tidak bisa menyingkirkan kita," kata sang pangeran tentang Iran.

“Jadi lebih baik bagi kita berdua untuk menyelesaikannya dan mencari cara agar kita bisa hidup berdampingan,” kata transkrip tersebut kepada publikasi bulanan AS.

“Mudah-mudahan, kita bisa mencapai posisi yang baik bagi kedua negara dan akan menciptakan masa depan yang lebih cerah bagi negara ini dan Iran,” tambahnya.

Arab Saudi telah berulang kali menyatakan akan tetap berpegang pada posisi Liga Arab yang sudah berlangsung puluhan tahun, yaitu tidak menjalin hubungan resmi dengan Israel sampai konflik dengan Palestina terselesaikan.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1746 seconds (0.1#10.140)