5 Negara Mayoritas Muslim Musuh Israel, Nomor 3 Sering Jadi Target Serangan Udara Negara Zionis

Kamis, 07 September 2023 - 02:07 WIB
loading...
A A A
Para pemimpin baru negara tersebut mengadopsi sikap anti-Israel yang kuat, mengecam negara Yahudi sebagai kekuatan imperialis di Timur Tengah.

“Para pemimpin baru di Republik Islam memandang Israel sebagai garnisun Amerika Serikat, perpanjangan tangan Amerika di jantung Timur Tengah. Dan Iran adalah pendukung besar perjuangan Palestina,” kata Ali Akbar Dareini, peneliti dan penulis jurnal Pusat Studi Strategis di Teheran. “Iran percaya bahwa Israel diciptakan atas dasar pendudukan dan ideologi Zionis, yang merupakan gerakan sekuler nasionalis yang bertujuan untuk menciptakan negara Yahudi bagi orang Yahudi. Dan bahkan dalam Deklarasi Kemerdekaan Israel, tidak ada batasan yang ditentukan.”

Para pemimpin Iran menganggap Israel sebagai penjajah ilegal atas Yerusalem dan bertanggung jawab atas “genosida” warga Palestina.

Iran sejak itu mempunyai kelompok-kelompok bersenjata yang kuat yang secara rutin memerangi Israel.

Iran telah memasok lebih dari 130.000 roket ke Hizbullah yang mengancam Israel, lebih banyak roket dan pendanaan lebih dari USD100 juta per tahun untuk Hamas di Gaza dan lebih dari USD16 miliar untuk mendukung Suriah dan sekutunya antara tahun 2012 dan 2020.

Israel yakin potensi Iran untuk membuat senjata nuklir merupakan ancaman terhadap keberadaannya dan dilaporkan bertanggung jawab atas sabotase terhadap program atom negara tersebut.

Israel dilaporkan berada di balik pembunuhan lima ilmuwan nuklir Iran di Teheran sejak 2010 dan beberapa serangan serta serangan dunia maya terhadap situs nuklir di Iran.

Kedua negara juga terlibat dalam serangan balasan terhadap kapal komersial, mulai tahun 2019.

Menurut Bloomberg, target sebelumnya termasuk tanker Iran yang membawa minyak dengan tujuan Suriah; sebuah kapal Iran di lepas pantai Yaman yang berfungsi sebagai pangkalan terapung Garda Revolusi; dan kapal kargo milik atau terkait dengan Israel.

Baca Juga: 5 Dampak Pembukaan Kedutaan Besar Israel di Bahrain, Salah Satunya Konflik Palestina Akan Memburuk

2. Arab Saudi

5 Negara Mayoritas Muslim Musuh Israel, Nomor 3 Sering Jadi Target Serangan Udara Negara Zionis

Foto/Reuters
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1606 seconds (0.1#10.140)