Menghilang Sejak Pemberontakan Wagner, Foto Jenderal Armageddon Rusia Beredar di Media Sosial

Selasa, 05 September 2023 - 05:52 WIB
loading...
Menghilang Sejak Pemberontakan Wagner, Foto Jenderal Armageddon Rusia Beredar di Media Sosial
Menghilang sejak pemberontakan Wagner, foto Jenderal Armageddon Rusia beredar di media sosial. Foto/BBC
A A A
MOSKOW - Sebuah foto baru yang menunjukkan Jenderal Sergei Surovikin dipublikasikan oleh tokoh media terkenal Rusia di media sosial pada Senin waktu setempat. Sosok yang dijuluki Jenderal Armageddon itu tidak terlihat di depan umum sejak pemberontakan singkat oleh kelompok tentara bayaran Wagner pada bulan Juni lalu.

"Jenderal Sergei Surovikin sudah keluar. Hidup, sehat, di rumah, bersama keluarganya, di Moskow. Foto diambil hari ini," tulis Ksenia Sobchak dalam keterangan foto yang diunggah di Telegram itu seperti dikutip Channel News Asia dari Reuters, Selasa (5/9/2023).

Reuters tidak dapat memverifikasi keaslian foto tersebut, yang menunjukkan seorang pria berkacamata dan bertopi berjalan di samping seorang wanita yang mirip istri Surovikin, Anna.



Laporan kedua, yang diterbitkan oleh jurnalis independen terkemuka Rusia Alexei Venediktov di saluran Telegram-nya, menyatakan: “Jenderal Surovikin ada di rumah bersama keluarganya. Dia sedang cuti dan bersedia bertugas di Kementerian Pertahanan.”

Namun, berbeda dengan laporan sebelumnya, Venediktov tidak memberikan bukti foto.

Berbagai media melaporkan bahwa Surovikin tidak disukai Kremlin setelah pemberontakan yang dibatalkan oleh Wagner pada bulan Juni, dan dia sedang diselidiki atas kemungkinan keterlibatannya.



Kantor berita Rusia, RIA, bulan lalu melaporkan Surovikin telah dicopot dari jabatan panglima angkatan udara dan wakilnya Viktor Afzalov mengambil alih jabatan itu untuk sementara.

Surovikin, yang mendapat julukan "Jenderal Armageddon" selama intervensi militer Rusia dalam perang saudara di Suriah, sempat bertanggung jawab atas upaya perang Moskow di Ukraina sebelum peran tersebut diserahkan pada bulan Januari kepada kepala staf umum, Jenderal Valery Gerasimov.

Surovikin secara luas dipandang oleh para komentator perang Rusia sebagai sosok yang kuat dan cakap. Mendiang bos Wagner, Yevgeny Prigozhin, yang meninggal dalam kecelakaan jet pribadi bulan lalu, sangat kritis terhadap pertahanan Rusia namun memuji Surovikin, dengan menyebutnya sebagai orang yang tidak takut bertanggungjawab.

(ian)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1028 seconds (0.1#10.140)