Menghilang sejak Kudeta Wagner, Jenderal Armageddon Rusia Dipecat Putin

Rabu, 23 Agustus 2023 - 11:26 WIB
loading...
Menghilang sejak Kudeta Wagner, Jenderal Armageddon Rusia Dipecat Putin
Jenderal Sergey Surovikin alias Jenderal Armageddon Rusia (kiri) dilaporkan telah dipecat oleh Presiden Vladimir Putin sebagai Kepala Angkatan Udara. Foto/Mikhail Klimentyev/Sputnik/Kremlin via REUTERS
A A A
MOSKOW - Presiden Rusia Vladimir Putin telah memecat Jenderal Sergey Surovikin alias Jenderal Armageddon dari jabatannya sebagai Kepala Angkatan Udara.

Pemecatan Jenderal Surovikin dilaporkan oleh media Rusia, RBC, Rabu (23/8/2023). Surovikin, yang merupakan wakil komandan perang Rusia di Ukraina, telah menghilang dari publik sejak kudeta singkat tentara bayaran Wagner Group pada 23-24 Juni lalu.

RBC melaporkan bahwa sumber di Kementerian Pertahanan mengonfirmasi bahwa Surovikin bukan lagi Kepala Angkatan Udara. “Saat ini sedang berlibur singkat," kata sumber tersebut menggambarkan kondisi Surovikin.

Namun, keputusan resmi mengenai keputusan tersebut belum diumumkan militer Rusia kepada publik.



Juru bicara intelijen militer Ukraina Andrii Yusov mengatakan pada 18 Juli bahwa Surovikin telah dicopot dari jabatannya tetapi nasibnya masih belum diputuskan.

Menurutnya, pertikaian di kalangan elite Rusia dimulai setelah pemberontakan Wagner Group, yang menyebabkan Surovikin kehilangan jabatannya.

Setelah kudeta Wagner Group yang tiba-tiba dibatalkan di tengah jalan pada Juni lalu, terungkap bahwa Jenderal Surovikin tercatat sebagai anggota VIP perusahaan militer swasta tersebut.

Berbagai laporan media mengeklaim bahwa sang jenderal telah ditangkap karena memihak bos Wagner, Yevgeny Prigozhin, dalam pemberontakan dan sedang diinterogasi oleh dinas keamanan Rusia.

Moskow belum mengonfirmasi klaim tersebut. Wakil Duma Negara Andrey Kartapolov hanya berkomentar bahwa Surovikin saat ini sedang "beristirahat" dan "sejauh ini tidak tersedia".

Menurut Kementerian Pertahanan Inggris, penangkapan Surovikin kemungkinan akan menimbulkan ketegangan di kalangan pimpinan militer Rusia karena popularitas sang jenderal di angkatan bersenjata.

Jenderal tersebut memimpin pasukan Rusia dalam perang Ukraina dari Oktober 2022 hingga digantikan oleh Kepala Staf Angkatan Bersenjata Jenderal Valery Gerasimov pada Januari 2022.

Surovikin dijuluki media Barat sebagai Jenderal Armageddon karena taktik kejamnya dalam berbagai perang Rusia, termasuk perang di Suriah dan Ukraina.
(mas)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1849 seconds (0.1#10.140)