Hujan Deras Picu Banjir di Spanyol, Tiga Orang Tewas dan Tiga Hilang

Selasa, 05 September 2023 - 00:21 WIB
loading...
Hujan Deras Picu Banjir di Spanyol, Tiga Orang Tewas dan Tiga Hilang
Hujan deras picu banjir di Spanyol, tiga orang tewas dan tiga lainnya hilang. Foto/REUTERS/Susana Vera
A A A
MADRID - Sedikitnya tiga orang tewas dan tiga lainnya hilang ketika curah hujan tinggi menyebabkan banjir besar di Spanyol tengah. Banjir juga menutup jalan, jalur kereta bawah tanah, dan sambungan kereta berkecepatan tinggi.

Layanan darurat mengatakan helikopter dikirim untuk menyelamatkan orang-orang yang mencari perlindungan di atap rumah mereka di daerah Toledo sekitar 50 km barat daya Madrid.

Hujan yang turun tiba-tiba pada hari Minggu dan Senin pagi mengubah jalan-jalan menjadi sungai lumpur yang menyapu mobil dan tempat sampah di wilayah Madrid, Castile-La Mancha, Catalonia dan Valencia. Hujan es juga turun di banyak daerah.

Tiga orang tewas di pedesaan sekitar pusat kota Toledo, tempat layanan cuaca AEMET mencatat rekor curah hujan sebesar 90 liter per meter persegi pada hari Minggu.

Salah satu korban adalah seorang pemuda yang terjebak di dalam lift yang berisi air, sementara korban lainnya berada di dalam kendaraan yang terendam banjir, kata polisi.



Orang ketiga yang meninggal adalah seorang pria berusia 50 tahun yang dilaporkan hilang. Mayatnya ditemukan sore hari mengambang di sungai dekat rumahnya di kota Camarena.

“Hujan terus turun dan kami sedikit takut, namun kami berada di dalam rumah sehingga kami aman,” kata Isabella Stewart, seorang misionaris Amerika Serikat (AS) yang tinggal di Toledo saat dia menaiki bus seperti dikutip dari Reuters, Selasa (5/9/2023).

Warga Toledo lainnya, Ruben Gonzalez, mengatakan: "Saya tinggal empat blok jauhnya dan arusnya sangat kuat. Semuanya kebanjiran. Ini gila."

Pada hari Senin, AEMET mengatakan fenomena cut-off low – juga dikenal sebagai Weatherman’s Woe – yang menyebabkan hujan mulai menjauh dari negara tersebut.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1881 seconds (0.1#10.140)