Zelensky Pecat Menhan Ukraina saat Perang dengan Rusia Berkecamuk

Senin, 04 September 2023 - 06:39 WIB
loading...
A A A
Angkatan Udara Ukraina mengatakan pasukan Rusia menembakkan 25 drone Shahed buatan Iran di sepanjang Sungai Danube pada Minggu dini hari, 22 di antaranya ditembak jatuh oleh pertahanan udara.

Kepala staf Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky, Andriy Yermak, menggambarkan serangan itu sebagai bagian dari upaya Rusia “untuk memprovokasi krisis pangan dan kelaparan di dunia.”

Kementerian Pertahanan Rusia mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa serangan itu ditujukan pada fasilitas penyimpanan bahan bakar yang digunakan untuk memasok peralatan militer Ukraina.

Pertemuan Putin dan Erdogan yang telah lama ditunggu-tunggu akan berlangsung di Sochi di pantai barat daya Rusia pada hari Senin (4/9/2023).

Para pejabat Turki telah mengonfirmasi bahwa kedua pemimpin tersebut akan membahas pembaruan inisiatif biji-bijian Laut Hitam.

Kesepakatan tersebut, yang ditengahi oleh PBB dan Turki pada Juli 2022, telah mengizinkan hampir 33 juta metrik ton (36 juta ton) biji-bijian dan komoditas lainnya meninggalkan tiga pelabuhan Ukraina dengan aman meskipun ada perang dengan Rusia.

Namun, Rusia menarik diri dari perjanjian tersebut setelah mengeklaim bahwa perjanjian paralel yang menjanjikan untuk menghilangkan hambatan terhadap ekspor makanan dan pupuk Rusia tidak dipenuhi.

Moskow mengeluh bahwa pembatasan pengiriman dan asuransi menghambat perdagangan pertaniannya, meskipun negara tersebut telah mengirimkan gandum dalam jumlah besar sejak tahun lalu.
(mas)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1143 seconds (0.1#10.140)