Zelensky Pecat Menhan Ukraina saat Perang dengan Rusia Berkecamuk

Senin, 04 September 2023 - 06:39 WIB
loading...
Zelensky Pecat Menhan Ukraina saat Perang dengan Rusia Berkecamuk
Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky memecat Menteri Pertahanan Oleksii Reznikov ketika perang dengan Rusia sedang berkecamuk. Foto/REUTERS
A A A
KYIV - Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky memutuskan untuk memecat Menteri Pertahanan (Menhan) Oleksii Reznikov ketika perang dengan Rusia sedang berkecamuk.

Posisi Reznikov akan digantikan oleh Rustem Umerov, seorang anggota Parlemen Tatar Crimea.

Zelensky menyampaikan pengumuman tersebut pada hari Minggu melalui akun Telegram resminya.

“Saya telah memutuskan untuk mengganti Menteri Pertahanan Ukraina. Oleksii Reznikov telah melalui lebih dari 550 hari perang skala penuh. Saya percaya bahwa kementerian memerlukan pendekatan baru dan format interaksi lain baik dengan militer maupun masyarakat luas. Sekarang Rustem Umerov harus memimpin kementerian,” katanya.



Umerov (41), seorang politikus dari partai oposisi Holos, telah menjabat sebagai kepala Dana Milik Negara Ukraina sejak September 2022.

Dia telah terlibat dalam pertukaran tawanan perang, tahanan politik, anak-anak dan warga sipil, serta evakuasi warga sipil dari wilayah pendudukan Rusia.

Umerov juga merupakan bagian dari delegasi Ukraina dalam negosiasi dengan Rusia mengenai kesepakatan gandum yang didukung PBB.

Pengumuman pemecatan Menhan Reznikov muncul setelah dua orang dirawat di rumah sakit menyusul serangan drone Rusia selama 3,5 jam di sebuah pelabuhan di wilayah Odesa, Ukraina, pada hari Minggu.

Serangan terhadap pelabuhan Reni terjadi sehari sebelum Presiden Rusia Vladimir Putin dijadwalkan bertemu dengan Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan untuk membahas dimulainya kembali pengiriman makanan dari Ukraina berdasarkan perjanjian gandum Laut Hitam. Rusia keluar dari perjanjian itu pada Juli lalu.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0986 seconds (0.1#10.140)