Turki Berencana Tarik Permohonan sebagai Anggota UE

Minggu, 26 Maret 2017 - 17:53 WIB
Turki Berencana Tarik Permohonan sebagai Anggota UE
Turki Berencana Tarik Permohonan sebagai Anggota UE
A A A
ANKARA - Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan mengatakan, pihaknya mungkin akan menarik permohonan sebagai anggota baru Uni Eropa (UE). Erdogan menyebut semua keputusan akan ditentukan setelah referendum pada tanggal 16 April mendatang.
Berbicara dalam forum Inggris-Turki, Tatlidil Forum di provinsi Antalya, Erdogan menyatakan Turki akan meninjau hubungan dengan UE paska referendum, dan mungkin saja akan mengikuti langkah Inggris untuk lepas dari UE.
"Anda (Inggris) telah membuat keputusan dengan Brexit, mungkin ada hal yang berbeda setelah 16 April," kata Erodgan dalam pernyataannya, seperti dilansir Anadolu Agency pada Minggu (26/3).
"Kami memiliki referendum pada 16 April. Setelah itu, kita bisa mengadakan referendum seperti Brexit, mengenai negosiasi keanggotaan dengan UE. Apapun yang diputuskan bangsa kami, kami akan mematuhinya," sambungnya.
Referendum yang akan digelar Turki sendiri adalah referendum perubahan konstitusi di negara tersebut. Sejumlah negara Eropa menilai referendum ini ditujukan untuk memprkuat pengaruh dan kekuatan Erdogan dan partai yang dia pimpin di Turki.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3714 seconds (0.1#10.140)