Disergap Milisi, 40 Polisi Kongo Dipenggal

Minggu, 26 Maret 2017 - 17:12 WIB
Disergap Milisi, 40 Polisi Kongo Dipenggal
Disergap Milisi, 40 Polisi Kongo Dipenggal
A A A
KINSHASA - Pejuang milisi memenggal sekitar 40 anggota polisi setelah melakukan penyergapan di Republik Demokratik tengah Kongo, pejabat setempat mengatakan. Ini adalah serangan paling mematikan terhadap pasukan keamanan sejak pemberontakan meletus di wilayah tersebut tahun lalu.

Para militan Kamuina Nsapu menyergap konvoi polisi yang melaju dari kota Tshikapa di provinsi Kasai ke Kananga, ibukota provinsi Kasai Central. Demikian pernyataan juru bicara dari majelis provinsi Kasai Francois Madila Kalamba.

"Mereka ditangkap oleh anggota milisi dan sekitar 40 dari mereka dipenggal," kata Kalamba. Ia menambahkan bahwa saksi mata mengatakan para pejuang membebaskan enam polisi karena mereka berbicara dalam bahasa Tshiluba seperti dikutip dari Reuters, Minggu (26/3/2017).

Kalam mengungkapkan bahwa para milisi, yang sering bersenjatakan parang tapi jarang membawa senjata api, menghentikan kendaraan dengan senjata dan mobil.

Corneil Mbombo, presiden Masyarakat Sipil Kasai, sebuah kelompok aktivis provinsi, juga mengatakan sekitar 40 petugas telah dipenggal dalam sebuah penyergapan. Gubernur provinsi dan juru bicara polisi nasional tidak bisa dihubungi untuk memberikan komentar.

Pemberontakan, yang telah menyebar ke lima provinsi, menimbulkan ancaman paling serius terhadap pemerintahan Presiden Joseph Kabila. Kabila menolak untuk mundur setelah amanatnya berakhir pada bulan Desember sesuai dengan konstitusi. Keputusan ini diikuti oleh gelombang pembunuhan dan pelanggaran hukum di seluruh wilayah negara Afrika tengah itu.

Serangan ini seolah mementahkan laporan pemerintah atas gelombang penyerahan diri anggota milisi di provinsi Kasai Central dalam beberapa hari terakhir. Kementerian Dalam Negeri pada akhir pekan lalu mengatakan bahwa 400 pejuang telah menyerah.
(ian)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.2949 seconds (0.1#10.140)