Kerap Timbulkan Kecelakaan, Paris Haramkan Skuter Listrik

Sabtu, 02 September 2023 - 10:29 WIB
loading...
Kerap Timbulkan Kecelakaan, Paris Haramkan Skuter Listrik
Paris melarang skuter listrik karena kerap menimbulkan kecelakaan. Foto/Ilustrasi
A A A
PARIS - Ibu Kota Prancis , Paris , melarang penyewaan skuter listrik (e-skuter) sebagai respons terhadap meningkatnya jumlah orang yang terluka dan terbunuh.

Armada terakhir dari e-skuter bertenaga baterai yang dapat dibagikan di Paris yang berjumlah 15.000 orang telah dihapus dari jalan-jalan kota pada hari Kamis, jelang larangan yang mulai berlaku pada hari Jumat waktu setempat setelah kontrak operator skuter berakhir.

Paris adalah salah satu kota pertama di Eropa yang mengadopsi kendaraan roda dua lima tahun lalu. Kini, lima tahun setelahnya, Paris menjadi salah satu ibu kota pertama yang melarang kendaraan listrik sewaan seperti dilansir dari RT, Sabtu (2/9/2023).

Larangan itu berlaku setelah referendum pada bulan April menunjukkan hasil 90% pemilih menginginkan kendaraan tersebut dihilangkan.



Tingkat partisipasi pemilih sangat rendah – hanya 7,5% penduduk yang memberikan suara – dan perusahaan penyewaan mobil mengeluhkan “metode pemungutan suara yang membatasi” yang menyeret Paris kembali ke masa kegelapan angkutan umum meskipun Olimpiade 2024 sudah dekat.

Namun, langkah tersebut didukung oleh Wali Kota Anne Hidalgo, seorang Sosialis dan pendukung bersepeda yang sebelumnya mendukung saham e-skuter. Itu tidak berdampak pada kendaraan pribadi.

E-skuter, terutama yang disewaskan di jalanan, disukai wisatawan dan anak-anak yang secara legal dapat mengendarainya pada usia 12 tahun sebelum usia minimum dinaikkan menjadi 14 tahun pada bulan Maret lalu.

Namun keberadaan mereka selama bertahun-tahun telah menjadi kutukan bagi pengendara sepeda, pejalan kaki, dan pengendara motor. Kendaraan itu bisa melewati lalu lintas, trotoar yang berantakan, dan melaju dengan kecepatan hingga 27 km/jam, kecepatan yang terlalu cepat bagi pejalan kaki dan terlalu lambat bagi pengemudi.

Pada tahun 2022 saja, tercatat tiga kematian yang terkait dengan kecelakaan e-skuter, dengan 459 orang terluka akibat perangkat roda dua itu. Angka ini mengalami peningkatan dibandingkan kematian tunggal pada tahun 2021 dan 353 cedera.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1092 seconds (0.1#10.140)