Kenapa Raja Thailand Potong Hukuman Penjara 8 Tahun bagi Thaksin Jadi 1 Tahun?

Jum'at, 01 September 2023 - 23:42 WIB
loading...
A A A
Ia ditahan dan dijatuhi hukuman delapan tahun penjara oleh Mahkamah Agung karena konflik kepentingan, penyalahgunaan kekuasaan, dan korupsi selama ia berkuasa. Thaksin dinyatakan bersalah atas dakwaan in absensia selama pengasingannya.

Menteri Kehakiman yang akan habis masa jabatannya, Wissanu Krea-ngam, mengkonfirmasi kepada wartawan pada hari Kamis bahwa dia telah menerima surat Thaksin yang meminta pengampunan kerajaan dari Raja Vajiralongkorn.

Wissanu, seorang veteran yang selamat dari gejolak politik Thailand dan pernah bertugas di pemerintahan di bawah Thaksin dan junta militer berikutnya, mengatakan permintaan pengampunan kerajaan akan diproses sebagaimana mestinya dan “akan diproses sesuai dengan aturan.”

“Semuanya tergantung pada kebaikan Yang Mulia,” katanya.

Setelah kembali ke Thailand, Thaksin dibawa ke penjara tetapi keesokan harinya dipindahkan ke rumah sakit karena dada sesak, tekanan darah tinggi dan kadar oksigen rendah. Menurut Departemen Pemasyarakatan Thailand, mengatakan penyakit jantung yang mendasarinya tidak dapat diobati rumah sakit penjara dan dia memerlukan perawatan spesialis.

Beberapa jam setelah kedatangannya di Thailand, parlemen memilih Srettha Thavisin dari partai populis Pheu Thai untuk menjadi perdana menteri ke-30 negara itu.

Untuk mengamankan suara parlemen yang dibutuhkan, Pheu Thai telah mengadakan koalisi dengan dua partai dukungan militer yang terkait dengan junta militer yang menggulingkan pemerintahan Pheu Thai yang terpilih secara demokratis, dipimpin oleh saudara perempuan Thaksin, Yingluck Shinawatra, hampir satu dekade lalu.

Pheu Thai adalah partai terbaru dari dinasti politik Shinawatra yang didirikan oleh Thaksin dan telah mendominasi politik Thailand selama 20 tahun.

Beberapa analis percaya Thaksin mungkin telah mencapai kesepakatan dengan kelompok konservatif dan royalis yang kuat di negara itu untuk mengembalikannya – mengingat keputusan pengadilan dan tuduhan terhadapnya – dengan imbalan pengurangan hukuman penjara, perlakuan lunak, atau kemungkinan pengampunan.

Thaksin dilaporkan membantah melakukan pengaturan seperti itu.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0946 seconds (0.1#10.140)