Erdogan: Eropa Tak Akan Pernah Aman Jika UE Tak Berubah

Kamis, 23 Maret 2017 - 21:19 WIB
Erdogan: Eropa Tak Akan Pernah Aman Jika UE Tak Berubah
Erdogan: Eropa Tak Akan Pernah Aman Jika UE Tak Berubah
A A A
ANKARA - Presiden Turki Tayyip Erdogan menyatakan, negara-negara di Eropa tidak akan pernah aman jika Uni Eropa (UE) tidak mengubah sikap mereka, khususnya kepada Turki. UE dan Turki terlibat pertikaian, setelah adanya sejumlah negara UE yang menolak permintaan Turki untuk melakukan kampanye referendum di negara mereka.
"Jika Eropa melanjutkan sikap seperti ini, tidak ada warga Eropa di bagian dari dunia dapat berjalan dengan aman di jalan-jalan. Kami, Turki, memanggil Eropa untuk menghormati hak asasi manusia dan demokrasi," ucap Erdogan, seperti dilansir Russia Today pada Kamis (23/3).
Sementara itu, salah satu negara yang berseteru dengan Turki, yakni Jerman menyatakan, Erdogan telah merusak apa yang dicapai Turki dalam beberapa dekade terakhir.
Berbicara saat pelatikannya sebagai Presiden Jerman, Frank-Walter Steinmeier menyatakan sikap Erdogan benar-benar buruk. Hal ini, lanjut mantan Menteri Luar Negeri Jerman itu, menyebabkan hancurnya hubungan yang sudah dibangun Turki dengan Eropa dalam beberapa tahun terakhir.
"Cara kita melihat (Turki) ditandai dengan kekhawatiran segala sesuatu yang telah dibangun selama bertahun-tahun dan dekade telah runtuh. Presiden Erdogan, Anda membahayakan segala sesuatu yang Anda, dan orang lain telah dibangun. Tapi, kami tetap menyambut setiap niat baik untuk mengakhiri ketegangan ini," ucap Steinmeir.
"Tapi sebelumnya akhiri membandingkan kami dengan Nazi. Lalu, jangan memutuskan hubungan dengan mereka yang ingin bekerja sama dengan Anda, hormati aturan hukum dan lepaskan (jurnalis Jerman-Turki) Deniz Yucel," tambahnya.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4474 seconds (0.1#10.140)