alexametrics

Inggris Sambut Baik Sanksi UE Terhadap Rusia, China, dan Korut

loading...
Inggris Sambut Baik Sanksi UE Terhadap Rusia, China, dan Korut
Inggris menyatakan menyambut baik sanksi baru yang dijatuhkan oleh Uni Eropa (UE) terhadap Rusia, China dan Korea Utara (Korut). Foto/Ist
A+ A-
LONDON - Inggris menyatakan menyambut baik sanksi baru yang dijatuhkan oleh Uni Eropa (UE) terhadap Rusia, China dan Korea Utara (Korut). Sanksi UE itu terkait serangan siber yang diduga dilakukan ketiga negara tersebut.

"Tindakan hari ini akan meningkatkan biaya aktivitas siber berbahaya oleh aktor negara dan non-negara, dan akan membantu melawan aktivitas bermusuhan di masa depan di dunia maya," kata Menteri Luar Negeri Inggris, Dominic Raab.

(Baca juga: Pemerintah Inggris Modali Perusahaan Penyelenggara Pesta Seks Rp3,2 M)

"Inggris berada di garis depan upaya untuk membentuk rezim Sanksi Siber UE dan kami akan terus menerapkan ini rezim setelah berakhirnya Periode Transisi," sambungnya, seperti dilansir Anadolu Agency pada Jumat (31/7/2020).



Sementara itu, Kantor Luar Negeri Inggris mengatakan sanksi siber akan memberlakukan biaya yang berarti bagi perilaku negara dan non-negara yang ceroboh melalui pembekuan aset dan larangan bepergian di dalam UE, termasuk Inggris.

Sanksi itu sendiri dijatuhkan berdasarkan kerangka kerja yang ditetapkan setahun yang lalu, tetapi tidak pernah diterapkan sebelum mengizinkan UE untuk menerapkan tindakan pembatasan yang ditargetkan untuk mencegah dan menanggapi serangan dunia maya.



(Baca juga: Mentari Bisa Bikin Indonesia Jadi Negara Adidaya Energi Terbarukan)

UE mengatakan, untuk mencegah, menghalangi dan menanggapi kelanjutan, dan peningkatan perilaku jahat di dunia maya, enam orang dan tiga entitas atau badan harus dari Rusia, China dan Korut dimasukkan dalam daftar sanksi.

"Orang-orang dan entitas atau badan tersebut bertanggung jawab untuk, memberikan dukungan untuk atau terlibat dalam, atau memfasilitasi serangan cyber atau upaya serangan siber," ujarnya.
(esn)
Ikuti Kuis Berhadiah Puluhan Juta Rupiah di SINDOnews
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak