alexa snippet

Assad Minta Bantuan Rusia Cegah Serangan Israel

Assad Minta Bantuan Rusia Cegah Serangan Israel
Presiden Suriah, Bashar al-Assad, memandang Rusia akan memainkan peran yang penting untuk mencegah serangan Israel ke negaranya. Foto/Istimewa
A+ A-
DAMASKUS - Presiden Suriah, Bashar al-Assad mengatakan, sekutunya Rusia dapat berperan penting dalam mencegah serangan Israel lebih lanjut di Suriah. Sebelumnya, jet-jet Israel menerobos batas wilayah Suriah dan ditembaki oleh sistem pertahanan udara Damaskus.

Assad mengatakan bahwa membela perbatasan Suriah adalah hak dan kewajiban tentara Suriah. "Dan jika kita tidak melakukan itu, rakyat Suriah akan menyalahkan kami dan meminta kami bertanggung jawab," katanya seperti dikutip dari Xinhua, Selasa (21/3/2017).

"Saya pikir bahwa Rusia dapat memainkan peran penting dalam hal ini (mencegah serangan Israel terhadap Suriah) dan kebijakan Rusia sepenuhnya bergantung pada hukum internasional dan piagam PBB, dan dengan demikian mereka dapat mendiskusikan hal ini dengan Israel menurut standar ini dan mereka dapat memainkan peran dalam mencegah Israel menyerang Suriah lagi di masa depan," tutur Assad.

Sebelumnya, sejumlah pesawat jet tempur Israel ditembaki militer Suriah dengan rudal anti-pesawat pada Jumat (17/3/2017) dini hari di sekitar Lembah Yordan. Rentetan tembakan itu sebagai balasan setelah jet-jet tempur Israel itu menyerang sejumlah target di wilayah Suriah pada Kamis malam.

Baca juga:
Jet-jet Tempur Israel Ditembaki Rudal Anti-Pesawat Suriah


Setelah serangan Kamis lalu, kementerian luar negeri Rusia memanggil duta besar Israel di Moskow. Pemanggilan itu menunjukkan kecemasan Rusia atas serangan Israel yang menargetkan daerah di pedesaan timur daerah Homs dekat kota Palmyra, di mana Rusia memiliki pos militer.

Baca juga:
Rusia Panggil Dubes Israel Terkait Serangan di Suriah


Ketegangan baru juga mendorong Israel untuk mengeluarkan ancaman langsung. "Israel tidak akan ragu untuk menghancurkan sistem pertahanan udara Suriah jika negara itu lagi menargetkan jet tempur IAF, Menteri Pertahanan Israel Avigdor Liberman.

Baca juga:
Israel Ancam Hancurkan Sistem Pertahanan Udara Suriah




(ian)
loading gif
Top