Momok bagi Rusia, AS Siap Kerahkan 54 Jet Tempur Siluman Nuklir F-35 ke Inggris

Kamis, 31 Agustus 2023 - 09:24 WIB
loading...
Momok bagi Rusia, AS Siap Kerahkan 54 Jet Tempur Siluman Nuklir F-35 ke Inggris
Amerika Serikat akan mengerahkan 54 jet tempur siluman F-35 yang bisa membawa senjata nuklir ke Inggris. Pakar menyebutnya sebagai pesan menakutkan untuk Rusia. Foto/REUTERS
A A A
LONDON - Sebanyak 54 unit jet tempur siluman F-35 Amerika Serikat (AS), yang bisa membawa senjata nuklir, akan dikerahkan ke Inggris. Pakar militer menggambarkannya sebagai pesan menakutkan untuk Rusia.

Sumber pertahanan Inggris kepada The Telegraph, Kamis (31/8/2023), mengatakan jet-jet tempur F-35 Amerika akan dikerahkan ke Pangkalan Angkatan Udara (RAF) Lakenheath yang disewa AS di Suffolk.

Laporan ini muncul beberapa hari setelah Angkatan Udara AS menunjukkan bahwa pangkalan militer tersebut dapat digunakan oleh Amerika untuk kembali menampung senjata nuklir di Inggris.

“F-35 akan berpangkalan di sana,” kata sumber pertahanan Inggris. "Mereka telah dikerahkan dan akan ditempatkan pada akhir tahun ini, atau mungkin pada tahun 2024.”



Pesawat-pesawat tersebut memiliki kemampuan melakukan pengeboman nuklir taktis serta melakukan misi udara ke udara dan mengumpulkan intelijen.

Sumber-sumber militer mengatakan rencana yang ada adalah membawa 54 unit F-35 untuk menggantikan F-15 yang ada saat ini—yang juga mampu membawa senjata nuklir tetapi kurang canggih—yang disimpan di pangkalan udara tersebut.

"Ini adalah pesawat yang lebih baru, lebih mumpuni, memiliki jangkauan lebih jauh dan kemampuan siluman, yang sangat penting jika Anda ingin menggunakannya untuk menjatuhkan bom nuklir secara akurat," kata salah satu sumber militer Inggris.

Sebelum tahun 2008, 110 bom nuklir AS telah disimpan di pangkalan Suffolk. Mereka disingkirkan ketika ancaman perang nuklir menurun.

Pembangunan "rumah" senjata nuklir di lokasi RAF akan dimulai pada Juni 2024 dan berakhir pada Februari 2026.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1061 seconds (0.1#10.140)