Junta Gabon Tunjuk Jenderal Brice Oligui Nguema Jadi Presiden Transisi, Siapakah Dia?

Kamis, 31 Agustus 2023 - 05:46 WIB
loading...
A A A
“Saya pikir baik di Prancis atau di Amerika Serikat, kehidupan pribadi adalah kehidupan pribadi yang (harus) dihormati,” ucapnya.

Nguema Presiden Gabon Berikutnya?


Dalam sebuah wawancara dengan harian Prancis Le Monde pada hari Rabu, Nguema mengutarakan pemikirannya.

“Di luar ketidakpuasan ini, ada sakitnya Kepala Negara (Ali Bongo menderita stroke pada Oktober 2018 yang membuatnya melemah). Semua orang membicarakannya, tapi tidak ada yang bertanggung jawab. Ia tidak berhak menjalani masa jabatan ketiga, konstitusi dilanggar, cara pemilihannya sendiri tidak baik. Jadi tentara memutuskan untuk membalik halaman, untuk mengambil tanggung jawabnya,” tutur Nguema.

Dia menambahkan bahwa Ali Bongo dapat pensiun dan terus menikmati hak-haknya seperti warga negara Gabon lainnya, dan menambahkan bahwa para jenderal akan bertemu untuk memutuskan penerus Bongo pada pukul 14:00 waktu setempat pada hari Rabu.

Dan meskipun Bongo saat ini berada dalam tahanan rumah setelah memenangkan pemilu yang dibatalkan dengan perolehan 64,27 persen suara, tentara Gabon tampaknya mulai merayakan Nguema.

Video dan gambar yang belum diverifikasi di media sosial menunjukkan sekelompok tentara menari bersama Nguema dan memanggilnya “orang kuat berikutnya” di Gabon.
(ian)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1642 seconds (0.1#10.140)