PM Hongaria Sebut Hanya Trump yang Bisa Menghentikan Perang

Rabu, 30 Agustus 2023 - 23:09 WIB
loading...
PM Hongaria Sebut Hanya Trump yang Bisa Menghentikan Perang
PM Hongaria sebut hanya Donald Trump yang bisa menghentikan perang Rusia Ukraina. Foto/SCMP
A A A
BUDAPEST - Perdana Menteri (PM) Hongaria yang nasionalis, Viktor Orban, mengatakan terpilihnya kembali Donald Trump sebagai presiden Amerika Serikat (AS) adalah satu-satunya cara untuk menghentikan perang Rusia Ukraina .

Hal itu diungkapkannya dalam wawancara dengan mantan pembawa acara Fox News Tucker Carlson.

Dalam kesempatan itu, Orban memuji kebijakan luar negeri Trump sambil mengecam pemerintahan Joe Biden dan pendekatannya terhadap perang.

Dia mengatakan bahwa kembalinya Trump ke jabatannya akan menjadi satu-satunya jalan keluar dari konflik tersebut, dan setiap anggapan bahwa Kiev dapat memenangkan perang melawan Rusia adalah kebohongan.

“Orang-orang Rusia jauh lebih kuat, jauh lebih banyak jumlahnya dibandingkan orang-orang Ukraina,” kata Orban.



“Panggil kembali Trump… Trump adalah orang yang bisa menyelamatkan dunia Barat,” serunya seperti dilansir dari Sky News, Rabu (30/8/2023).

Sejak invasi Rusia ke Ukraina pada Februari 2022, pemerintahan Orban telah mempertahankan hubungan dekat dengan Moskow, dan mengancam akan memblokir sanksi Uni Eropa terhadap Rusia.

Orban, sekutu terdekat Vladimir Putin di Uni Eropa, menolak mengizinkan pengiriman senjata Barat melintasi perbatasan antara Hongaria dan Ukraina.

Ia juga menyerukan gencatan senjata segera dan perundingan perdamaian dalam konflik tersebut, namun tanpa menjelaskan apa dampaknya terhadap integritas teritorial Ukraina.

(ian)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1592 seconds (0.1#10.140)