Lelucon Pentagon ke Menlu Saudi: Bagus Anda Hidup, Iran Coba Bunuh Anda

Jum'at, 17 Maret 2017 - 17:30 WIB
Lelucon Pentagon ke Menlu Saudi: Bagus Anda Hidup, Iran Coba Bunuh Anda
Lelucon Pentagon ke Menlu Saudi: Bagus Anda Hidup, Iran Coba Bunuh Anda
A A A
WASHINGTON - Kepala Pentagon atau Menteri Amerika Serikat (AS) James Mattis membuat lelucon saat bertemu Menteri Luar Negeri (Menlu) Arab Saudi Adel al-Jubeir. Mattis mengingatkannya dari upaya pembunuhan yang gagal oleh Iran saat Jubeir menjadi Duta Besar di Washington tahu 2011.

”Halo ... selalu bagus untuk melihat Anda hidup ... Iran mencoba untuk membunuh Anda,” canda Mattis saat menyambut Jubeir dan anggota lain dari delegasi Saudi yang dipimpin oleh Wakil Putra Mahkota Mohammed bin Salman, seperti dikutip Al Arabiya, Jumat (17/3/2017).

Mohammed bin Salman, yang juga Menteri Pertahanan Arab Saudi bertemu dengan Mattis di Pentagon untuk membahas tantangan yang berkaitan dengan situasi regional terkait sepak terjang Iran yang jadi rival Saudi.

Pada 2011, Jubeir memang pernah jadi target pembunuhan yang oleh AS merupakan rencana dari Iran. Dalam sidang di Pengadilan Federal di New York, ada dua terdakwa yang terlibat konspirasi untuk membunuh Jubeir, salah satunya berstatus in absentia.

Kedua terdakwa itu adalah Manssor Arbabsiar yang ditangkap dan dijatuhi hukuman 25 tahun penjara dan Gholam Shakuri seorang perwira Garda Revolusi Iran yang saat ini diyakini berada di Iran.

Iran dituduh terlibat dalam beberapa upaya pembunuhan terhadap diplomat Arab Saudi selama 1989-1990 termasuk pembunuhan empat diplomat Saudi di Thailand; Abdullah al-Maliki, Abdullah al-Basri, Fahd al-Bahli dan Ahmad al-Saif.

Pada tahun 2011, rezim Iran juga dilaporkan terlibat dalam pembunuhan diplomat Saudi Hassan al-Qahtani di Kota Karachi, Pakistan.
(mas)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4699 seconds (0.1#10.140)