7 Fakta Kepedihan Tentara Gurkha Nepal atas Rencana Pengurangan Jumlah Tentara India

Senin, 28 Agustus 2023 - 22:10 WIB
loading...
A A A
Delhi berpendapat bahwa rencana perekrutan baru ini akan mengurangi pengeluaran militernya untuk gaji dan pensiun yang membengkak, yang menghabiskan lebih dari setengah anggaran pertahanannya. Kontrak jangka pendek juga akan menurunkan usia rata-rata angkatan bersenjata yang berkekuatan 1,3 juta orang.

4. Gurkha Bisa Direkrut Pemberontak Nepal

Bagi Nepal, hal ini menimbulkan kekhawatiran akan meningkatnya risiko dari pemberontak.

“Ada bahaya bahwa seseorang yang telah menjalani pelatihan tempur militer selama empat tahun dapat direkrut oleh kelompok pemberontak mana pun di negara ini atau bahkan oleh tentara bayaran asing,” kata Prem Singh Basnyat, seorang sejarawan militer Nepal dan pensiunan perwira militer.

Nepal sangat menderita akibat pemberontakan bersenjata Maois selama satu dekade yang berakhir pada tahun 2006. Ribuan orang terbunuh dalam kerusuhan tersebut. Negara tersebut mengatakan bahwa mereka tidak dalam posisi untuk menawarkan pekerjaan kepada semua orang yang kembali dari India.

Ada juga seruan di India untuk mengecualikan Gurkha Nepal dari kontrak jangka pendek.


5. Hubungan Nepal dan India Memburuk

Mayor Jenderal (Purn) Ashok Mehta, yang bertugas di resimen Gurkha India, mengatakan skema Agnipath dapat mempersulit hubungan Delhi dengan Kathmandu.

“Pemerintah India mengabaikan tanggung jawabnya dalam menjaga hubungan baik diplomatik, terutama dengan negara seperti Nepal yang mengklaim memiliki hubungan khusus dan unik,” katanya.

Para pejabat India telah mengisyaratkan bahwa jika Gurkha dari Nepal tidak menerima kontrak jangka pendek, maka pekerjaan tersebut dapat didistribusikan ke orang lain di India untuk sementara waktu.

BBC telah menghubungi Kementerian Luar Negeri India untuk memberikan komentar.

Para ahli mengatakan tindakan tersebut dapat semakin mengasingkan Kathmandu, yang sudah merasa dirugikan dengan tindakan India baru-baru ini.

Nepal sangat marah pada tahun 2019 ketika India menerbitkan peta, termasuk beberapa wilayah yang diklaim oleh Kathmandu di wilayah barat, dekat perbatasan dengan Tiongkok.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1469 seconds (0.1#10.140)