7 Fakta Kepedihan Tentara Gurkha Nepal atas Rencana Pengurangan Jumlah Tentara India

Senin, 28 Agustus 2023 - 22:10 WIB
loading...
A A A
Perselisihan diplomatik meningkat setelah Nepal juga menerbitkan petanya sendiri yang mencakup wilayah-wilayah yang disengketakan.

Beberapa tahun sebelum kontroversi peta tersebut, komunitas etnis Madhesi di Nepal telah memblokir lalu lintas barang dari India sebagai bagian dari protes mereka pada tahun 2015 untuk menuntut lebih banyak hak. Meskipun India membantah bahwa mereka berada di balik blokade ekonomi tersebut, sangat sedikit orang di Nepal yang mempercayai bantahan tersebut.

6. Bergabung dengan Militer Inggris

Di taman bermain di luar Kathmandu, seorang instruktur menyuruh puluhan pemuda melakukan langkah mereka sebagai bagian dari program pelatihan untuk perekrutan Gurkha ke tentara Inggris.

Beberapa dari mereka, seperti Aneesh Thapa Magar, 19, berharap untuk bergabung dengan militer India – seperti yang dilakukan banyak kerabatnya.

"Program Agnipath tidak ada gunanya bagi kami. Setelah empat tahun, kami akan pulang tanpa mengetahui apa yang harus dilakukan selanjutnya. Itu sebabnya saya sekarang berlatih keras agar terpilih menjadi tentara Inggris," kata Magar.

Suku Gurkha memiliki ikatan yang kuat dengan militer India, dan resimen Gurkha telah menjadi bagian dari budaya komunitas perbukitan Nepal.


7. Veteran Gurkha Dorong Dialog dengan India

Ada sekitar 120.000 veteran Gurkha India yang tinggal di Nepal. Dana pensiun dan tunjangan lainnya telah memberikan kontribusi terhadap perekonomian daerah perbukitan yang miskin.

Meski mendapat tentangan keras, tidak semua orang menolak skema perekrutan baru ini. Veteran Gurkha India Nepal seperti Laxmikant Pandey berpendapat bahwa skema Agnipath memiliki kelebihan dan tidak boleh ditolak mentah-mentah.

“Skema ini menawarkan jumlah sekaligus di akhir masa jabatan dan pengalaman militer India akan membuka banyak peluang lain di Nepal dan luar negeri,” katanya.

Pilihan terbaik, sarannya, adalah membuka dialog dengan Delhi untuk mendapatkan lebih banyak konsesi.

Sementara itu, angkatan pertama tentara India yang mendaftar skema Agnipath telah bergabung dengan tentara, setelah menyelesaikan kursus pelatihan mereka pada minggu pertama bulan Agustus.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1521 seconds (0.1#10.140)