7 Fakta Kepedihan Tentara Gurkha Nepal atas Rencana Pengurangan Jumlah Tentara India

Senin, 28 Agustus 2023 - 22:10 WIB
loading...
7 Fakta Kepedihan Tentara Gurkha Nepal atas Rencana Pengurangan Jumlah Tentara India
Jumlah pasukan Gurkha asal Nepal akan dikurangi dalam komposisi militer India. Foto/Reuters
A A A
NEW DELHI - Selama beberapa dekade, Nepal telah mengizinkan tentara etnis Gurkha untuk bergabung dengan tentara India berdasarkan perjanjian khusus. Praktik ini tiba-tiba terhenti tahun lalu setelah India memperkenalkan rencana perekrutan tentara baru yang kontroversial, sehingga membuat hubungan kedua negara tetangga menjadi tegang.

Para Gurkha, yang terkenal karena keganasan dan keberanian mereka, telah berperang beberapa kali selama beberapa dekade baik untuk tentara India maupun Inggris.

Mereka pertama kali direkrut oleh perusahaan British East India pada tahun 1815 setelah perjanjian damai dengan Nepal.

Setelah berakhirnya pemerintahan kolonial pada tahun 1947, perjanjian tripartit antara Nepal, India dan Inggris mengizinkan Delhi dan London untuk terus merekrut Gurkha ke dalam militer mereka.

Berikut adalah 7 kepedihan tentara Gurkha Nepal atas skema Agnipath.

1. India Akan Kurangi Jumlah Tentara

Perjanjian dengan Delhi terhenti tahun lalu setelah pemerintah India mengumumkan Agnipath, sebuah skema perekrutan baru untuk tentaranya.

Agnipath, atau Path of Fire, mempekerjakan tentara dengan jangka waktu tetap empat tahun. Hanya 25% dengan kinerja terbaik yang akan dipertahankan untuk pasukan keamanan pusat India. Sisanya akan diizinkan untuk pergi dengan jumlah pesangon hampir USD15.000 tanpa pensiun atau tunjangan karir lainnya.

Aturan tersebut juga berlaku bagi tentara Gurkha yang secara historis telah bertugas lebih lama di tentara India dan Inggris.

2. Prajurit Gurkha Akan Dipecat dari Militer India

Para pejabat Nepal mengatakan mereka terkejut dengan keputusan mendadak Delhi, karena mereka tidak diberitahu atau diajak berkonsultasi mengenai perubahan penting dalam program perekrutan militer.

“Kami mempunyai kebijakan bahwa jika ada perubahan terhadap perjanjian tripartit, maka hal itu harus dilaksanakan melalui konsensus politik,” kata Menteri Luar Negeri Nepal NP Saud kepada BBC, seraya menambahkan bahwa perekrutan Gurkha akan ditunda untuk saat ini.

Karena sebagian besar partai politik di Nepal sangat menentang perubahan tersebut, semakin sulit bagi pemerintah saat ini untuk mencapai konsensus.

“Kami tidak akan menerima rencana baru tersebut. Jika India siap untuk kembali ke proses perekrutan Gurkha yang lama, maka proses tersebut dapat dilanjutkan,” kata Pradeep Kumar Gyawali, pemimpin senior oposisi utama Partai Komunis Nepal (UML) mengatakan kepada BBC.

3. 35.000 Tentara Gurkha Bekerja untuk Tentara India

Sebelum skema baru ini, India rata-rata merekrut sekitar 1.400 warga Nepal ke dalam resimen Gurkha setiap tahunnya.

Ada sekitar 35.000 Gurkha Nepal yang saat ini bertugas di tentara India, termasuk di wilayah Kashmir yang sensitif secara geopolitik di Kashmir yang dikelola India dan bagian timur laut negara itu.

Delhi berpendapat bahwa rencana perekrutan baru ini akan mengurangi pengeluaran militernya untuk gaji dan pensiun yang membengkak, yang menghabiskan lebih dari setengah anggaran pertahanannya. Kontrak jangka pendek juga akan menurunkan usia rata-rata angkatan bersenjata yang berkekuatan 1,3 juta orang.

4. Gurkha Bisa Direkrut Pemberontak Nepal

Bagi Nepal, hal ini menimbulkan kekhawatiran akan meningkatnya risiko dari pemberontak.

“Ada bahaya bahwa seseorang yang telah menjalani pelatihan tempur militer selama empat tahun dapat direkrut oleh kelompok pemberontak mana pun di negara ini atau bahkan oleh tentara bayaran asing,” kata Prem Singh Basnyat, seorang sejarawan militer Nepal dan pensiunan perwira militer.

Nepal sangat menderita akibat pemberontakan bersenjata Maois selama satu dekade yang berakhir pada tahun 2006. Ribuan orang terbunuh dalam kerusuhan tersebut. Negara tersebut mengatakan bahwa mereka tidak dalam posisi untuk menawarkan pekerjaan kepada semua orang yang kembali dari India.

Ada juga seruan di India untuk mengecualikan Gurkha Nepal dari kontrak jangka pendek.


5. Hubungan Nepal dan India Memburuk

Mayor Jenderal (Purn) Ashok Mehta, yang bertugas di resimen Gurkha India, mengatakan skema Agnipath dapat mempersulit hubungan Delhi dengan Kathmandu.

“Pemerintah India mengabaikan tanggung jawabnya dalam menjaga hubungan baik diplomatik, terutama dengan negara seperti Nepal yang mengklaim memiliki hubungan khusus dan unik,” katanya.

Para pejabat India telah mengisyaratkan bahwa jika Gurkha dari Nepal tidak menerima kontrak jangka pendek, maka pekerjaan tersebut dapat didistribusikan ke orang lain di India untuk sementara waktu.

BBC telah menghubungi Kementerian Luar Negeri India untuk memberikan komentar.

Para ahli mengatakan tindakan tersebut dapat semakin mengasingkan Kathmandu, yang sudah merasa dirugikan dengan tindakan India baru-baru ini.

Nepal sangat marah pada tahun 2019 ketika India menerbitkan peta, termasuk beberapa wilayah yang diklaim oleh Kathmandu di wilayah barat, dekat perbatasan dengan Tiongkok.

Perselisihan diplomatik meningkat setelah Nepal juga menerbitkan petanya sendiri yang mencakup wilayah-wilayah yang disengketakan.

Beberapa tahun sebelum kontroversi peta tersebut, komunitas etnis Madhesi di Nepal telah memblokir lalu lintas barang dari India sebagai bagian dari protes mereka pada tahun 2015 untuk menuntut lebih banyak hak. Meskipun India membantah bahwa mereka berada di balik blokade ekonomi tersebut, sangat sedikit orang di Nepal yang mempercayai bantahan tersebut.

6. Bergabung dengan Militer Inggris

Di taman bermain di luar Kathmandu, seorang instruktur menyuruh puluhan pemuda melakukan langkah mereka sebagai bagian dari program pelatihan untuk perekrutan Gurkha ke tentara Inggris.

Beberapa dari mereka, seperti Aneesh Thapa Magar, 19, berharap untuk bergabung dengan militer India – seperti yang dilakukan banyak kerabatnya.

"Program Agnipath tidak ada gunanya bagi kami. Setelah empat tahun, kami akan pulang tanpa mengetahui apa yang harus dilakukan selanjutnya. Itu sebabnya saya sekarang berlatih keras agar terpilih menjadi tentara Inggris," kata Magar.

Suku Gurkha memiliki ikatan yang kuat dengan militer India, dan resimen Gurkha telah menjadi bagian dari budaya komunitas perbukitan Nepal.


7. Veteran Gurkha Dorong Dialog dengan India

Ada sekitar 120.000 veteran Gurkha India yang tinggal di Nepal. Dana pensiun dan tunjangan lainnya telah memberikan kontribusi terhadap perekonomian daerah perbukitan yang miskin.

Meski mendapat tentangan keras, tidak semua orang menolak skema perekrutan baru ini. Veteran Gurkha India Nepal seperti Laxmikant Pandey berpendapat bahwa skema Agnipath memiliki kelebihan dan tidak boleh ditolak mentah-mentah.

“Skema ini menawarkan jumlah sekaligus di akhir masa jabatan dan pengalaman militer India akan membuka banyak peluang lain di Nepal dan luar negeri,” katanya.

Pilihan terbaik, sarannya, adalah membuka dialog dengan Delhi untuk mendapatkan lebih banyak konsesi.

Sementara itu, angkatan pertama tentara India yang mendaftar skema Agnipath telah bergabung dengan tentara, setelah menyelesaikan kursus pelatihan mereka pada minggu pertama bulan Agustus.
(ahm)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1353 seconds (0.1#10.140)