10 Negara yang Jumlah Penduduknya Berkurang Banyak Seiring Waktu, Nomor 4 Sedang Perang

Senin, 28 Agustus 2023 - 17:35 WIB
loading...
10 Negara yang Jumlah Penduduknya Berkurang Banyak Seiring Waktu, Nomor 4 Sedang Perang
Populasi di Ukraina terus berkurang karena perang. Foto/Reuters
A A A
JAKARTA - Ada beberapa negara yang jumlah penduduknya berkurang banyak seiring waktu. Dari sekian nama, mayoritas di antaranya berada di kawasan Eropa.

Penurunan populasi atau depopulasi bisa diartikan sebagai menurunnya angka penduduk yang tinggal di sebuah negara, kota, atau wilayah geografis dari waktu ke waktu. Penyebab terjadinya depopulasi cukup beragam.

Di antaranya seperti angka kelahiran yang rendah, tingginya angka kematian bayi karena pelayanan kesehatan buruk, tingginya angka kematian, perang, munculnya penyakit tertentu, dan lain sebagainya. Pada perkembangan dunia ke depannya, populasi sejumlah negara diprediksi bakal mengalami penurunan.

Mengutip laman Business Insider, Senin (28/8/2023), muncul sebuah laporan dalam jurnal medis The Lancet dari peneliti University of Washington Institute for Health Metrics and Evaluations. Adapun isinya terkait perkiraan populasi dunia yang akan menurun pada 2100 hampir di setiap negara.

Studi itu mengamati proyeksi populasi dunia dalam kurun waktu 2020-2100 di 195 negara. Berdasarkan temuan yang didapat, beberapa negara akan kehilangan populasi dalam jumlah cukup banyak di tahun 2050. Berikut sejumlah di antaranya.

Negara yang Jumlah Penduduknya Berkurang Banyak

1. Bulgaria

Bulgaria merupakan sebuah negara yang berada di kawasan Eropa Tenggara. Wilayahnya berbatasan dengan Rumania di utara, Serbia dan Makedonia Utara di barat, serta Yunani dan Turki di selatan.

Pada tahun 2020, populasi Bulgaria diperkirakan mencapai 6,9 juta. Namun, angka tersebut akan mendapat penurunan hingga 22,5 persen dan menjadi 5,4 juta jiwa saja di 2050.

Angka tersebut menempatkan Bulgaria di peringkat teratas dalam jajaran negara yang diprediksi mengalami penurunan populasi tercepat.


2. Lithuania

Berikutnya ada Lithuania. Negara di kawasan Baltik ini berbagi perbatasan dengan Latvia di utara, Belarusia di timur dan selatan, Polandia di selatan, dan Rusia di barat daya.

Seperti halnya Bulgaria, negara yang memiliki ibu kota di Vilnius ini juga bakal mengalami penurunan populasi besar di 2050 mendatang. Angkanya sendiri mencapai 22,1 persen.

Populasi Lithuania diperkirakan turun dari 2,7 juta jiwa di tahun 2020 menjadi 2,1 juta jiwa pada 2050 mendatang.

3. Latvia

Pada tahun 2020, Latvia memiliki jumlah populasi sekitar 1,9 juta jiwa. Angka tersebut diperkirakan mengalami penurunan hingga 21,6 persen pada 2050 mendatang.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1930 seconds (0.1#10.140)