PM Kanada: Perang Ukraina-Rusia Akan Berlangsung Lama

Senin, 28 Agustus 2023 - 16:09 WIB
loading...
PM Kanada: Perang Ukraina-Rusia Akan Berlangsung Lama
PM Kanada Justin Trudeau memprediksi perang Rusia-Ukraina tidak berlangsung singkat. Foto/Reuters
A A A
OTTAWA - Seperti banyak pendapat banyak pemimpin dunia lainnya, Perdana Menteri (PM) Kanada Justin Trudeau mengungkapkan mungkin masih butuh waktu lama sebelum konflik militer antara Ukraina dan Rusia berakhir.

Namun demikian, Trudeau menambahkan bahwa negaranya serta negara-negara G7 lainnya siap mendukung Ukraina dalam jangka panjang.

Berbicara kepada wartawan di sela-sela Majelis Fasilitas Lingkungan Global Ketujuh di Vancouver pada Sabtu (26/9/2028), Trudeau mengatakan bahwa para pemimpin Kelompok Tujuh selalu mengetahui bahwa serangan balasan Ukraina “akan menjadi proses yang panjang.”

“Tentu saja dari perbincangan yang kami lakukan di G7 dan NATO, kami siap menghadapi perang yang akan memakan waktu selama diperlukan, karena kami tidak bisa dan tidak boleh membiarkan Rusia menang,” tambahnya, dilansir RT.

Ukraina melancarkan serangan balasan yang sangat dibesar-besarkan pada awal Juni di wilayah timur dan selatan negara itu, namun belum mencapai kemajuan yang berarti. Para pejabat senior di Ukraina, termasuk Presiden Vladimir Zelensky, telah mengakui bahwa hal ini berjalan lebih lambat dari yang diperkirakan.



Kementerian Pertahanan Rusia mengklaim awal bulan ini bahwa Kiev telah kehilangan lebih dari 43.000 personel militer dan hampir 5.000 peralatan militer sejak dimulainya serangan balasan.

The Wall Street Journal, mengutip pejabat anonim di Washington, melaporkan pada hari Kamis bahwa AS tidak mungkin memberikan bantuan militer kepada Ukraina “pada tingkat yang hampir sama” pada tahun 2024 dibandingkan dengan tahun ini.

Pada hari Jumat, Bloomberg mengklaim bahwa para pejabat Eropa semakin khawatir bahwa Presiden AS Joe Biden dapat “mendorong” Ukraina menuju perundingan damai tahun depan.

Awal bulan ini, mantan Presiden Rusia Dmitry Medvedev, yang saat ini menjabat sebagai wakil ketua Dewan Keamanan Rusia, mengatakan melalui Telegram bahwa permusuhan antara Rusia dan Ukraina dapat berlangsung selama bertahun-tahun atau bahkan puluhan tahun.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1237 seconds (0.1#10.140)