Menakar Wagner Rusia sebagai Ancaman bagi NATO

Senin, 28 Agustus 2023 - 12:57 WIB
loading...
A A A
Faktor lainnya adalah, karena perang di Ukraina, dia yakin NATO tidak akan membiarkan negara-negara Baltik "digantung hingga kering", sehingga menunjukkan bahwa AS dapat mengirimkan angkatan bersenjatanya untuk membantu mereka.

Tentara bayaran Wagner berbondong-bondong ke Belarus, menyusul pemberontakan mereka yang gagal melawan Moskow pada bulan Juni.

Kehadiran mereka di perbatasan Uni Eropa telah menimbulkan kekhawatiran di kalangan pembuat kebijakan di Barat, karena kelompok tersebut kini melatih tentara Belarusia.

Karena fakta bahwa perang Rusia di Ukraina tidak berjalan dengan baik, Hall meragukan apakah Presiden Belarusia Alexander Lukashenko akan tiba-tiba memutuskan untuk mengizinkan Wagner menyerang Polandia.

"Itu sama saja dengan bunuh diri," ujarnya.

Berdasarkan Pasal 5 Perjanjian NATO, jika ada negara anggota yang diserang, maka hal itu dianggap sebagai serangan terhadap seluruh aliansi. Sebagai tanggapan, semua anggota NATO wajib memberikan bantuan, termasuk dengan kekuatan militer.

Hall mempertanyakan apakah Wagner akan membantu migran gelap menyeberang ke Polandia sebagai bentuk perang hibrida, karena keamanan perbatasan di Warsawa ditingkatkan.

Sebaliknya, Dia yakin Polandia dan negara-negara sekutu terdekatnya justru memperkuat ancaman yang ditimbulkan oleh Wagner untuk mendapatkan dukungan ekstra dari Uni Eropa dan NATO.

“Warsawa dan Vilnius tentu saja khawatir bahwa Rusia, Belarusia atau Wagner dapat menimbulkan masalah. Saat ini, saya pikir ini adalah sebuah pengawasan,” kata Hall.

“Belarusia punya sejarah mencoba menggoyahkan negara-negara tetangganya, begitu pula Rusia."
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1182 seconds (0.1#10.140)