Pesawat Pengebom H-6 China Dekati Okinawa, Jepang Kerahkan Jet Tempur

Minggu, 27 Agustus 2023 - 00:03 WIB
loading...
Pesawat Pengebom H-6 China Dekati Okinawa, Jepang Kerahkan Jet Tempur
Jepang kerahkan jet tempur setelah pesawat pengebom H-6 China mendekati Okinawa. Foto/REUTERS
A A A
TOKYO - Jepang telah mengerahkan beberapa je tempur untuk melacak pesawat pengebom H-6 dan drone China yang terbang di dekat Okinawa dan Taiwan pada Jumat.

Kementerian Pertahanan Jepang mengatakan dua pesawat H-6 Beijing terdeteksi saat terbang melintasi selat antara pulau Okinawa dan Miyako.

Okinawa adalah rumah bagi Pangkalan Udara Kadena, situs militer Amerika Serikat terbesar di Asia-Pasifik.

Menurut militer Jepang, jet-jet tempurnya juga memantau drone pengintai BZK-005 China dan drone “kemungkinan buatan China” lainnya yang terbang antara pulau Yonaguni paling barat Jepang dan Taiwan.



Sementara itu, Kementerian Pertahanan Taiwan, seperti dilaporkan Reuters pada Sabtu (26/8/2023), mengatakan 32 pesawat militer China dan sembilan kapal perang terlihat di sekitar pulau Taiwan.

Kementerian itu menambahkan bahwa 20 pesawat, termasuk delapan pesawat tempur J-10 dan dua pesawat tempur Su-30, telah melintasi garis tengah Selat Taiwan atau memasuki zona identifikasi pertahanan udara (ADIZ) pulau tersebut.

Pesawat, kapal Angkatan Laut dan sistem rudal berbasis darat Taiwan telah diaktifkan untuk memantau situasi.

Manuver ini terjadi di tengah ketegangan ekonomi dan militer antara Beijing di satu sisi, dan Tokyo serta Taipei di sisi lain.

Pada hari Senin lalu, China melarang impor mangga dari Taiwan, dengan alasan masalah keamanan pangan. Pada saat yang sama, Beijing mengumumkan larangan total terhadap makanan laut Jepang sebagai tanggapan atas keputusan Tokyo yang mulai membuang air limbah dari Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir (PLTN) Fukushima, lokasi bencana tahun 2011, ke Samudra Pasifik.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1111 seconds (0.1#10.140)