Kecelakaan Pesawat Prigozhin: Putin dan Serangan Ala Mafia dengan Bom

Minggu, 27 Agustus 2023 - 00:01 WIB
loading...
Kecelakaan Pesawat Prigozhin: Putin dan Serangan Ala Mafia dengan Bom
Pakar intelijen klaim kecelakaan pesawat bos tentara bayaran Wagner Group Yevgeny Prigozhin di Rusia adalah serangan ala mafia yang diatur Presiden Vladimir Putin. Namun Kremlin menyangkalnya. Foto/REUTERS/Stringer
A A A
MOSKOW - Seorang pakar intelijen mengeklaim kecelakaan pesawat pribadi yang menewaskan 10 orang, termasuk bos tentara bayaran Wagner Group Yevgeny Prigozhin, merupakan serangan ala mafia yang dikoordinasikan oleh Presiden Rusia Vladimir Putin.

Profesor Anthony Glees, pakar intelijen dari Buckingham University, mengatakan kepada The Sun Online bahwa serangan itu melibatkan bom yang kemungkinan dipasang di roda pendaratan atau pun di dekat tangki pesawat.

Pesawat Embraer Legacy 600 tersebut jatuh di Tver saat perjalanan dari Moskow ke St Petersburg pada Rabu (23/8/2023) waktu setempat.

Profesor Glees percaya bahwa Putin melakukan upaya yang disengaja untuk membunuh Prigozhin dan tim dekatnya dengan menyabotase jet bisnis tersebut.



“Teori kerja saya sekarang adalah bahwa semacam bom dipasang pada kedua tangki bahan bakar jet Embraer (memiliki dua, satu di setiap sayap; ini adalah pesawat yang sangat aman), satu di setiap sisi,” katanya.

Dia kemudian menjelaskan bahwa hal ini akan menyebabkan tangki mana pun yang digunakan dalam penerbangan tersebut patah dan pada akhirnya sayap yang menampung tangki tersebut akan putus sepenuhnya.

“Ini sepenuhnya konsisten dengan apa yang kami ketahui tentang perilaku penerbangan jet pada saat-saat kritis pukul 18.19 waktu setempat,” ujarnya, yang dilansir Sabtu (26/8/2023).

Data pelacakan penerbangan dari FlightRadar24 juga menunjukkan bahwa kemungkinan ada setidaknya satu peristiwa bencana di udara beberapa menit sebelum pesawat Prigozhin jatuh.

Data menunjukkan bahwa pesawat mengalami penurunan ketinggian yang tidak terduga sekitar pukul 18.19 waktu setempat, tetapi tetap berada di udara selama beberapa menit saat menempuh perjalanan sejauh 30 mil.

Embraer Legacy 600 kemudian jatuh dari langit menurut data penerbangan dan rekaman horor yang menangkap tragedi dan ladang puing-puing.

Glees mengatakan dugaan bom yang menyebabkan ledakan dahsyat kemungkinan besar dipasang oleh perwira intelijen militer Rusia.

Teori penempatan bom strategis, menurut pakar tersebut, menunjukkan bahwa Putin—yang dia sebut sebagai “psikopat sadis”—ingin Prigozhin dan timnya menderita karena metode tersebut akan menyebabkan “kematian yang mengerikan”.

“Pesawatnya tidak langsung hancur, orang-orang ini dibiarkan jatuh ke bumi,” ujarnya.

“Putin yang sinis dan menyeringai juga seorang psikopat. Dia akan berkata pada dirinya sendiri 'Prigo ingin naik pesawat, saya akan memberinya pesawat yang tidak akan pernah dia lupakan, kecuali dia akan melakukannya'," paparnya.

Pakar tersebut mengeklaim bahwa bom tersebut kemungkinan merupakan bom yang biasanya ditembakkan dari jet tempur Rusia, atau dari sistem rudal darat-ke-udara di darat.

Klaim itu muncul ketika rumor yang beredar di kalangan publik Rusia menyebutkan bahan peledak dimasukkan ke dalam pesawat yang disembunyikan di dalam peti “anggur mahal”, dan rincian baru juga muncul tentang laporan perbaikan dan bagaimana lemari es turbo “yang tidak diketahui asalnya” dipasang ke dalam pesawat pada menit terakhir.

Pada hari Rabu, rekaman video yang bocor menunjukkan pesawat Embraer Legacy 600 diperlihatkan kepada “pembeli potensial”—hanya beberapa jam sebelum tragedi.

VChK-OGPU, saluran Telegram yang memiliki jaringan ke penegak hukum Rusia, menyebutkan rekaman video itu menunjukkan pelanggaran keamanan di bandara Sheremetyevo di Moskow.

“Untuk membawa mereka ke tempat yang aman, dan kemudian naik ke pesawat, [calon] pembeli dinyatakan sebagai penumpang penerbangan tersebut,” tulis saluran tersebut.

Meskipun mereka bukan penumpang, mereka memiliki akses ke pesawat selama sekitar satu jam dari pukul 09.30 hingga 10.30 pada hari jatuhnya pesawat tersebut.

Di atas pesawat Embraer Legacy 600 pada saat kehancurannya adalah Prigozhin, bersama tim dekatnya, komandan kedua Wagner Group Dmitry "Wagner" Utkin, dan lima pemimpin tertinggi Wagner lainnya.

Saat sepuluh orang melakukan perjalanan bersama, Glees percaya bahwa bos Wagner yang tidak sadar itu pasti merasa “sangat aman” di pesawat untuk membawa orang-orang terbaiknya bersamanya.

“Kita hanya bisa kagum pada kebodohan Prigozhin yang menaruh semua ‘telurnya’ dalam satu keranjang,” kata sang pakar.

Glees juga percaya bahwa Putin kemungkinan besar berada di balik pembunuhan misterius terhadap orang-orang Rusia yang berseberangan dengannya karena metode rumit yang digunakan “sepenuhnya merupakan gayanya”.

“Putin bukan sekadar penjahat perang, dia adalah pembunuh gila,” kecam Glees.

“Secara teori, dia bisa saja menggunakan sistem rudal permukaan-ke-udara yang dia miliki di perkebunannya di Danau Valdai, sangat dekat dengan jalur penerbangan jet tersebut, tetapi hal ini akan terdeteksi dan saya pikir Putin ingin dan ingin mempertahankan misteri udara tentang ini," paparnya.

Putin telah menyampaikan belasungkawa kepada keluarga korban setelah tragedi pesawat tersebut tanpa mengonfirmasi kematian Prigozhin.

Dia mengeklaim Rusia akan mempelajari apa yang dikatakan penyelidik mengenai kecelakaan itu, namun keahlian mengenai insiden tersebut akan memakan waktu.

Awalnya, Putin menolak berkomentar mengenai kecelakaan tersebut, namun pemimpin Rusia tersebut kemudian memberikan penghormatan kepada mantan "koki"-nya.

“Sehubungan dengan kecelakaan udara ini, pertama-tama, saya ingin menyampaikan belasungkawa yang tulus kepada keluarga semua korban meninggal. Itu selalu merupakan sebuah tragedi,” kata Putin dalam pidato yang disiarkan televisi.

Glees mengatakan bahwa penampilan Putin di televisi adalah upaya untuk tampil sebagai “orang kuat, memuji Prigozhin sambil tetap terbuka mengenai apakah dia telah membunuhnya".

Glees percaya bahwa unjuk kekuatan Putin hanyalah sekedar pertunjukan.

“Putin tidak berani mengatakan ‘Saya memerintahkan pengkhianat ini dibunuh’. Mengapa tidak? Karena dia masih takut dengan apa yang bisa dilakukan Wagner Group. Itu pasti belum selesai,” paparnya.

“Putin menganggap dia adalah Godfather, dan memang demikian, untuk saat ini. Tapi Godfather dibunuh oleh Godfather lainnya. Waktunya terbatas dan posisinya tidak kuat, lemah.”

Sementara itu, Kremlin pada hari Jumat membantah terlibat dalam kecelakaan pesawat Prigozhin.

"Spekulasi bahwa Presiden Rusia Vladimir Putin memerintahkan serangan terhadap Prigozhin adalah kebohongan mutlak," kata juru bicara Kremlin Dmitry Peskov.
(mas)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1654 seconds (0.1#10.140)