Ingin Menggulingkan Presiden Assad, Ratusan Ribu Warga Suriah Berdemonstrasi

Sabtu, 26 Agustus 2023 - 18:48 WIB
loading...
Ingin Menggulingkan Presiden Assad, Ratusan Ribu Warga Suriah Berdemonstrasi
Ratusan ribu warga Suriah berdemonstrasi karena tidak puas dengan kepemimpinan Presiden Bashar al-Assad. Fotp/Anadolu
A A A
DAMASKUS - Ratusan ribu warga Suriah berdemonstrasi, di berbagai provinsi di Suriah sejak Jumat lalu (25/8/2023). Mereka menuntut penggulingan rezim Presiden Bashar al-Assad.

Menurut koresponden kantor berita Aramme, demonstrasi terjadi di kota-kota besar dan kecil di Suriah utara setelah salat Jumat.

Demonstrasi terkonsentrasi di pedesaan Idlib dan Aleppo, khususnya di kota Azaz, Al-Bab, Marea, dan Akhtarin.

Sementara itu, ribuan orang berdemonstrasi di provinsi Sweida, Daraa, dan Deir Ezzor, untuk menuntut pertanggungjawaban rezim Assad.

Para demonstran di Sweida mengibarkan bendera revolusi Suriah, dan meneriakkan slogan-slogan yang menyerukan penggulingan rezim, kebebasan dan martabat.

Sebelumnya, Koalisi Nasional Pasukan Revolusioner dan Oposisi Suriah menyatakan dukungan penuhnya terhadap pemberontakan rakyat di Suriah, terhadap masyarakat Jaramana di Damaskus, di Suriah selatan di Daraa dan di Sweida, serta protes di pantai Suriah terhadap rezim Assad.



Koalisi menyatakan bahwa rakyat menuntut penggulingan rezim Assad dan menekankan bahwa rezim tersebut adalah penyebab krisis di Suriah dan bertanggung jawab atas memburuknya kondisi kehidupan dan pelayanan masyarakat.

Koalisi tersebut meminta media Arab dan internasional untuk fokus pada pemberontakan rakyat di selatan, untuk mengikuti peristiwa tersebut dengan cermat. Mereka juga menyampaikan suara dan tuntutan masyarakat, terutama ketika mereka melakukan demonstrasi di wilayah yang dikuasai oleh rezim Assad.

Para kelompok musuh Assad tersebut mendesak semua warga Suriah di seluruh provinsi Suriah untuk bangkit melawan rezim Assad untuk membersihkan Suriah dan dunia dari penjahat perang yang melakukan ribuan kejahatan terhadap warga sipil.

Koalisi tersebut menekankan perlunya daerah-daerah yang dibebaskan untuk mendukung pemberontakan di selatan, dengan mengambil bagian dalam demonstrasi massal untuk menekankan tujuan bersama untuk menggulingkan rezim Assad.

Laporan tersebut mencatat bahwa Suriah membutuhkan seluruh rakyatnya untuk mencapai impian rakyat Suriah akan kebebasan, keadilan, dan martabat, yang mana tidak ada tempat bagi rezim Assad.
(ahm)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1438 seconds (0.1#10.140)