5 Fakta PM Baru Thailand Srettha Thavisin, Mengutamakan Politik Kompromi

Sabtu, 26 Agustus 2023 - 15:50 WIB
loading...
5 Fakta PM Baru Thailand Srettha Thavisin, Mengutamakan Politik Kompromi
Srettha Thavisin menjadi PM baru Thailand yang sangat kompromi dengan kubu kerajaan dan militer. Foto/Reuters
A A A
BANGKOK - Pemimpin salah satu kerajaan properti paling terkenal di Thailand telahterpilih sebagai perdana menterihanya sembilan bulan setelah bergabung dengan partai politik yang memperjuangkan masyarakat miskin.

Parlemen mengukuhkan Srettha Thavisin sebagai perdana menteri (PM) Thailand, mengakhiri ketidakpastian politik selama berbulan-bulan setelah pemilu bulan Mei. Pendatang baru di dunia politik berusia 61 tahun ini, yang memancarkan kepercayaan diri seorang taipan bisnis berpengalaman, akan memimpin upaya Partai Pheu Thai untuk menstimulasi perekonomian dan menjembatani salah satu kesenjangan kesenjangan terburuk di dunia.

Berikut adalah 10 fakta tentang PM baru Thailand Srettha Thavisin.

1. Fokus Pembangunan Ekonomi

5 Fakta PM Baru Thailand Srettha Thavisin, Mengutamakan Politik Kompromi

Foto/Reuters

“Saya melakukan ini karena saya ingin memperbaiki negara dan perekonomian,” tulis Srettha di X, yang sebelumnya dikenal sebagai Twitter, beberapa hari menjelang pemungutan suara. “Saya ingin menekankan lagi. Musuh saya adalah kemiskinan dan kesenjangan. Tujuan saya adalah penghidupan yang lebih baik bagi seluruh rakyat Thailand.”

Srettha mengumumkan pada November lalu bahwa ia telah bergabung dengan Pheu Thai, partai terbaru dari serangkaian partai yang terkait dengan mantan Perdana Menteri Thaksin Shinawatra yang populer namun memecah belah, yang digulingkan melalui kudeta militer pada tahun 2006. Ini adalah langkah resmi pertama Srettha dalam dunia politik.

Beberapa jam sebelum pemungutan suara parlemen pada hari Selasa, Thaksin kembali ke Thailand dari pengasingan selama bertahun-tahun dan mulai menjalani hukuman delapan tahun penjara atas tuduhan korupsi yang ia anggap bermotif politik. Ada spekulasi luas bahwa penunjukan Srettha terkait dengan kembalinya Thaksin dan mungkin membantu mempersingkat masa hukumannya.


2. Tinggalkan Bisnis, Fokus Pemerintahan

5 Fakta PM Baru Thailand Srettha Thavisin, Mengutamakan Politik Kompromi

Foto/Reuters

Awal tahun ini, Srettha mengundurkan diri sebagai CEO dan presiden perusahaan keluarganya, Sansiri, salah satu pengembang properti terbesar di Thailand dengan aset senilai lebih dari USD2,9 miliar. Dia juga mengalihkan seluruh sahamnya, yang dilaporkan bernilai lebih dari USD35 juta, di perusahaan tersebut kepada putrinya.

Penerima gelar MBA dari Claremont Graduate University di AS, Srettha membawa Sansiri meraih rekor keuntungan lebih dari 4 miliar baht ($117 juta) pada tahun 2022.

Setelah Pheu Thai mengonfirmasi akan mencalonkannya sebagai perdana menteri, Srettha dan Sansiri berjuang melawan serangkaian tuduhan penggelapan pajak dan pencucian uang. Perusahaan dan mantan bosnya membantah melakukan kesalahan.

3. Membangun Kompromi dengan Militer


Pheu Thai menempati posisi kedua dalam pemilu bulan Mei tetapi mampu membentuk koalisi 11 partai – termasuk dua partai pro-militer yang berafiliasi dengan Perdana Menteri Prayuth Chan-ocha – dengan suara parlemen yang cukup untuk menyetujui Srettha.

4. Lahir dari Keluarga Kaya Raya

5 Fakta PM Baru Thailand Srettha Thavisin, Mengutamakan Politik Kompromi

Foto/Reuters

Srettha dilahirkan dalam keluarga kaya, dan terdapat keraguan atas kemampuannya untuk berhubungan dengan pemilih utama Pheu Thai di daerah pedesaan utara yang relatif miskin di negara tersebut. Setelah bergabung dengan partai tersebut, ia muncul di banyak kampanye yang menargetkan kelas pekerja, termasuk penduduk komunitas kumuh terbesar di Bangkok dan petani pedesaan.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1205 seconds (0.1#10.140)