Dukung Perang Melawan China, Mantan Tentara Taiwan Berjalan Kaki Berkeliling Taiwan

Sabtu, 26 Agustus 2023 - 15:05 WIB
loading...
Dukung Perang Melawan China, Mantan Tentara Taiwan Berjalan Kaki Berkeliling Taiwan
Sosialisasi untuk membangkitkan semangat perang melawan China terus dikobarkan di Taiwan. Foto/Reuters
A A A
TAIPEI - Mengenakan kamuflase dan memegang senapan plastik, Tsai Tsung-lin telah berkeliling Taiwan dengan berjalan kaki selama lebih dari sebulan dengan satu pesan kepada rekan senegaranya: bersiaplah untuk berperang.

Mantan tentara berusia 22 tahun ini, yang diberhentikan dari militer pada bulan Juli, berharap perjalanannya dapat membantu meningkatkan kesadaran pertahanan sipil dan menyatukan rakyat Taiwan di tengah ketegangan dengan Tiongkok.

Tiongkok, yang mengklaim Taiwan sebagai wilayahnya, telah meningkatkan aktivitas militer untuk mencoba memaksa Taiwan yang diperintah secara demokratis agar menerima kedaulatan Beijing, meskipun ada keberatan keras dari pemerintah di Taipei.

Pekan lalu, China kembali melakukan latihan di dekat pulau itu, kali ini sebagai protes terhadap transit singkat Wakil Presiden William Lai di Amerika Serikat dalam perjalanan ke dan dari Paraguay.

"Kami tahu bahwa situasinya tidak akan baik jika ini (ancaman terus-menerus dari Tiongkok) terus berlanjut. Saya ingin masyarakat bersiap, bersiap menghadapi perang dengan tujuan tertentu," kata Tsai kepada Reuters di kota pelabuhan utara Keelung, setelah berjalan lebih jauh. dari 900 kilometer di sekitar Taiwan.

“Semua orang harus tahu siapa musuhnya,” tambahnya.



Tsai membawa bendera Taiwan besar yang menempel di ranselnya dan tanda kuning bertuliskan, "Berkeliling pulau meningkatkan kesadaran masyarakat untuk melawan musuh".

Tsai, yang perjalanannya diikuti secara luas di media sosial di Taiwan, mengatakan bahwa ia disambut dengan hangat ke mana pun ia pergi, dengan orang-orang yang menawarkan makanan dan minuman gratis, dan kadang-kadang terjadi perdebatan mengenai ketegangan dengan Tiongkok.

"Dia adalah panutan bagi generasi muda di negara ini. Saya pikir dia hebat," kata Huang, seorang pedagang yang meminta untuk disebutkan namanya hanya dengan nama belakangnya, setelah menawarkan Tsai makanan penutup dingin untuk mengatasi panas terik.

Tsai mengatakan bahwa dia tidak tahu berapa lama dia akan melakukan perjalanan tersebut, namun dia tidak akan berhenti sampai pesannya disampaikan ke seluruh Taiwan.

"Ini bukan hari libur, ini penyiksaan diri. Ini sangat berat," katanya.
(ahm)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1037 seconds (0.1#10.140)