Bulan Depan, AS Mulai Latih Pilot Ukraina Terbangkan F-16

Jum'at, 25 Agustus 2023 - 20:05 WIB
loading...
Bulan Depan, AS Mulai Latih Pilot Ukraina Terbangkan F-16
Bulan depan, AS mulai latih pilot Ukraina terbangkan jet tempur F-16. Foto/Ilustrasi
A A A
WASHINGTON - Pentagon mengatakan Amerika Serikat (AS) akan mulai melatih pilot Ukraina menerbangkan jet tempur F-16 mulai bulan depan sehingga mereka bisa menggunakan pesawat canggih itu untuk melawan pasukan Rusia.

Ukraina telah lama menginginkan jet tempur canggih itu agar dapat melawan invasi Rusia dengan lebih baik dan kini tengah melancarkan serangan balasan yang bertujuan untuk merebut kembali wilayah yang dikuasai pasukan Rusia.

Juru bicara Pentagon Pat Ryder mengatakan pelatihan AS akan melibatkan beberapa pilot dan puluhan personel untuk merawat pesawat tersebut.

“Pilot-pilot ini akan melakukan pelatihan bahasa Inggris di Pangkalan Angkatan Udara Lackland di San Antonio, Texas pada bulan September sebelum menghadiri pelatihan terbang F-16 di Arizona pada bulan berikutnya," jelasnya.

"Pelatihan Arizona akan berlangsung di Pangkalan Garda Nasional Udara Morris," tambahnya seperti dikutip dari Channel News Asia, Jumat (25/8/2023).

Ryder mengatakan pelatihan biasanya berlangsung lima hingga delapan bulan, tergantung pada keterampilan yang dimiliki pilot.

"Pelatihan bahasa pada awalnya sangat penting, mengingat kompleksitas dan keahlian khusus bahasa Inggris yang diperlukan untuk menerbangkan pesawat ini,” katanya.

Program AS memperluas rencana yang sudah diumumkan oleh sekutu Eropa untuk melatih personel Ukraina menerbangkan jet tempur F-16 buatan AS.

Pekan lalu AS mengatakan kepada Denmark dan Belanda bahwa mereka dapat mengirim jet tempur F-16 mereka ke Ukraina ketika pilot negara tersebut dilatih untuk menggunakannya.

Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0952 seconds (0.1#10.140)