Operasi Global Wagner: Perang, Minyak, dan Emas

Jum'at, 25 Agustus 2023 - 14:23 WIB
loading...
Operasi Global Wagner: Perang, Minyak, dan Emas
Pesawat pribadi yang ditumpangi bos tentara bayaran Wagner Group Yevgeny Prigozhin dan 9 orang lainnya jatuh di Tver, Rusia. Tak ada yang selamat dari insiden ini. Foto/Sputnik
A A A
MOSKOW - Yevgeny Prigozhin, bos tentara bayaran paling kuat di Rusia; Wagner Group, berada di antara 10 orang yang dilaporkan tewas dalam kecelakaan pesawat di Tver pada Rabu.

Pesawat pribadi yang ditumpangi Prigozhin jatuh dua bulan setelah dia memimpin pemberontakan bersenjata Wagner yang gagal terhadap petinggi militer Rusia.

Pemberontakan pada 23-24 Juni menimbulkan pertanyaan mengenai nasib jaringan operasi militer dan komersial Wagner yang luas di seluruh Eropa, Timur Tengah, dan Afrika.

Factbox Reuters ini menguraikan apa yang dilakukan Wagner, dan di mana.



1. Ukraina


Wagner dikerahkan di Ukraina segera setelah Angkatan Bersenjata Rusia melancarkan invasi besar-besaran pada Februari 2022 dan, pada musim panas tahun lalu, mereka merekrut ribuan tahanan untuk berperang di garis depan.

Pada bulan Desember, ketika Wagner mengambil peran sentral dalam pertempuran Bakhmut, intelijen Amerika Serikat memperkirakan Wagner memiliki 40.000 tahanan baru yang bertempur di Ukraina.

Para pemimpin Wagner memuji keberhasilan Rusia di Bakhmut, sekaligus mengecam militer reguler dan pimpinan Kementerian Pertahanan atas dugaan korupsi dan ketidakmampuan dalam melancarkan perang di Ukraina.

2. Belarusia


Prighozin tiba di Berlarusia segera setelah membatalkan pemberontakan bersenjata Wagner di Rusia berdasarkan kesepakatan yang dinegosiasikan oleh Presiden Alexander Lukashenko.

Presiden Rusia Vladimir Putin kemudian mengatakan bahwa para tentara bayaran Wagner akan ditawari pilihan untuk pindah ke Belarusia.

Citra satelit dari sebuah pangkalan militer dekat Asipovichi, tenggara Minsk, tempat media Rusia melaporkan bahwa kelompok tersebut akan mendirikan kelompoknya, tampaknya menunjukkan pembangunan baru, yang menunjukkan pesatnya pembangunan fasilitas Wagner.

Namun, dalam praktiknya, sejak diumumkannya perjanjian Belarusia, yang kabarnya juga menjamin keselamatan pribadinya, Prigozhin tampak bebas bergerak di Rusia.

3. Suriah

Rusia secara resmi memulai operasi militer di Suriah pada tahun 2015, untuk mendukung Presiden Bashar Al-Assad melawan pemberontak yang berusaha menggulingkannya.

Moskow mengerahkan Angkatan Udara-nya dari Pangkalan Udara Hmeimim di Suriah dan menggunakan kontraktor, termasuk Wagner, untuk beberapa operasi darat dan peran keamanan, yang menyebabkan ratusan orang terbunuh oleh AS pada tahun 2018.

Kelompok Wagner mengambil alih keamanan ladang minyak Al-Shaer dan para pejabat Barat mengatakan mereka memiliki Evro Polis, sebuah perusahaan yang mengambil 25 persen keuntungan dari beberapa ladang minyak Suriah.

Wagner telah merekrut mantan pemberontak Suriah di wilayah yang direbut kembali oleh Assad, termasuk untuk digunakan sebagai tentara bayaran di Libya mulai tahun 2019, sementara Pangkalan Udara Hmeimim menjadi titik penting dalam operasi logistiknya sebagai titik transit penerbangan ke Rusia dan Libya.

Namun, menurut sumber Rusia, operasinya di Suriah dengan cepat dialihkan ke Rusia setelah pemberontakan pada bulan Juni, di mana kontrak para tentara bayaran dipindahkan dari Wagner ke Kementerian Pertahanan Moskow.

4. Libya


Wagner memasuki Libya pada tahun 2019 untuk membantu serangan komandan timur, Khalifa Haftar, di Tripoli untuk mengusir pasukan pemerintah yang diakui secara internasional.

Departemen Pertahanan AS mengatakan pada tahun 2020 bahwa dukungan Wagner untuk Haftar tampaknya dibayar oleh Uni Emirat Arab, yang mendukung panglima perang tersebut, bersama dengan Rusia dan Mesir.
Uni Emirat Arab tidak menanggapi permintaan komentar pada saat itu, atau pada bulan Juni tahun ini ketika ditanya tentang hubungan apa pun dengan Wagner.

Pemantau sanksi PBB melaporkan pada tahun 2020 bahwa Wagner telah mengerahkan hingga 1.200 orang di Libya dan Komando Afrika Militer AS mengatakan pesawat militer Rusia memasok pesawat tempur untuk Wagner di sana.

Wagner mengoperasikan sistem pertahanan udara dan jet tempur dari Pangkalan Udara Jufra di selatan Tripoli, dengan beberapa pesawat tempur tiba dari Hmeimim, tempat tanda asli Rusia dicat.

Selain merekrut milisi Suriah sebagai tentara bayaran, Wagner juga bekerja bersama pejuang asing dari Sudan, Chad, dan negara lain.

Meskipun serangan Haftar berakhir dengan kegagalan dengan gencatan senjata pada tahun 2020, Wagner tetap berada di Libya dengan kehadiran di Jufra dan pangkalan udara lainnya di selatan dan timur yang menurut para peneliti digunakan sebagai batu loncatan ke lokasi lain di Afrika.

Wagner juga pernah ditempatkan di sekitar ladang minyak utama dan para peneliti mengatakan mereka memiliki kepentingan komersial di Libya yang mencakup produksi energi dan jaringan penyelundupan lokal.

5. Republik Afrika Tengah


Meskipun kaya akan mineral, Republik Afrika Tengah adalah salah satu negara termiskin di dunia. Tentara bayaran Rusia, termasuk dari Wagner, melakukan intervensi pada tahun 2018 di pihak pemerintah untuk memadamkan perang saudara yang berkecamuk sejak tahun 2012.

Duta Besar Rusia untuk Republik Afrika Tengah (CAR) Alexander Bikantov mengatakan dalam wawancara pada bulan Februari dengan RIA bahwa 1.890 “instruktur Rusia” hadir di negara tersebut.

Para analis mengatakan Wagner menerima hak penambangan dan kendali atas tambang emas di CAR.

Amerika Serikat telah menjatuhkan sanksi terhadap perusahaan CAR sebagai salah satu dari beberapa perusahaan, termasuk salah satu perusahaan dari Uni Emirat Arab yang menurut Washington terlibat dalam pembiayaan Wagner melalui transaksi emas ilegal.

6. Mali


Baik Rusia maupun Mali mengatakan para milisi Rusia di Mali bukanlah tentara bayaran melainkan pelatih yang membantu pasukan lokal memerangi pemberontakan yang dilakukan oleh militan Islamis yang telah berlangsung selama satu dekade.

Para pemimpin Mali merebut kekuasaan melalui kudeta tahun 2021 dan membawa masuk Wagner setelah meminta misi militer Prancis untuk pergi.

Pemerintah melakukan kontrak langsung dengan Wagner dan membayar sekitar USD10,8 juta per bulan untuk layanannya, menurut laporan Reuters pada tahun 2021.

Pasukan Wagner pernah dituduh terlibat dalam insiden tahun lalu di Moura, Mali tengah, di mana pasukan lokal dan tersangka milisi Rusia diduga membunuh ratusan warga sipil.

7. Sudan


Negara-negara dan diplomat Barat mengatakan Wagner terlibat dalam penambangan emas, menyebarkan disinformasi dan skema untuk menekan demonstrasi pro-demokrasi di Sudan, ketika Rusia mencoba memengaruhi peristiwa sebelum dan sesudah penggulingan Omar Al-Bashir pada tahun 2019.

Meskipun Moskow memiliki hubungan dengan kedua faksi militer yang terlibat dalam perang di Sudan sejak 15 April, Wagner diperkirakan mempertahankan hubungan dengan Pasukan Dukungan Cepat (RSF) paramiliter daripada Angkatan Darat Sudan.

Wagner membantah beroperasi di Sudan, dan mengatakan bahwa stafnya sudah tidak berada di sana selama lebih dari dua tahun dan tidak mempunyai peran dalam pertempuran tersebut.

Namun, pada bulan Mei, AS menuduh Wagner memasok RSF dengan rudal permukaan-ke-udara. “Berkontribusi pada konflik bersenjata berkepanjangan yang hanya mengakibatkan kekacauan lebih lanjut di wilayah tersebut," kata pemerintah AS.
(mas)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1457 seconds (0.1#10.140)