Ucapkan Duka Cita, Putin Juga Puji Kontribusi Yevgeny Prigozhin dalam Perang Ukraina

Jum'at, 25 Agustus 2023 - 01:09 WIB
loading...
Ucapkan Duka Cita, Putin Juga Puji Kontribusi Yevgeny Prigozhin dalam Perang Ukraina
Presiden Rusia Vladimir Putin memuji kontribusi dan perjuangan Yevgeny Prigozhin dalam melawan Ukraina. Foto/Sputnik News
A A A
MOSKOW - Presiden Rusia Vladimir Putin menyampaikan belasungkawa kepada keluarga Yevgeny Prigozhin. Itu memecah keheningan setelah pesawat pemimpin tentara bayaran itu jatuh tanpa ada yang selamat, dua bulan setelah bos tentara bayaran Wagner itu memimpin pemberontakan melawan Putin.

Putin mengatakan bahwa dia mengenal Prigozhin sejak lama, dan menggambarkannya sebagai orang berbakat dengan nasib sulit.

“Saya mengenal Prigozhin sejak lama, sejak awal tahun 1990-an. Dia adalah orang yang bernasib sulit, dan dia membuat kesalahan serius dalam hidup," kata Putin.

"Prigozhin adalah orang yang berbakat, pengusaha yang berbakat, dia bekerja tidak hanya di negara kita. dan bekerja dengan hasil, tetapi juga di luar negeri, khususnya di Afrika,” kata Putin dalam pertemuan dengan Denis Pushilin, penjabat kepala Republik Rakyat Donetsk.

Putin mengungkapkan, Wagner yang dipimpin Prigozhin telah memberikan kontribusi yang signifikan dalam memerangi Nazisme di Ukraina.

“Tampaknya data primer menunjukkan bahwa karyawan perusahaan Wagner juga ada di sana. Saya ingin mencatat bahwa mereka adalah orang-orang yang telah memberikan kontribusi signifikan terhadap perjuangan kita bersama melawan rezim neo-Nazi di Ukraina,” tegas Putin, dilansir Sputnik News.

Presiden menambahkan bahwa negaranya mengingat, mengetahui dan “tidak akan melupakan” kontribusi Wagner dalam melawan Nazisme. Putin menyebutkan bahwa Ketua Komite Investigasi Rusia melaporkan dimulainya penyelidikan jatuhnya pesawat yang membawa Prigozhin di dalamnya.

Sementara itu, Menteri Luar Negeri Rusia Sergey Lavrov menyerukan untuk memperhatikan fakta dan bukan laporan media Barat ketika ditanya tentang kecelakaan pesawat pribadi di Wilayah Tver yang membawa pimpinan Grup Wagner Yevgeny Prigozhin.

"Penyelidikan segera dilakukan, sebuah kasus dibuka, para penyelidik sedang bekerja. Saya sarankan untuk fokus pada fakta, dan bukan pada apa yang diberitakan media Barat," kata Lavrov kepada wartawan.

Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1402 seconds (0.1#10.140)