Publik Filipina Dihebohkan Munculnya Monster Laut Raksasa

Sabtu, 25 Februari 2017 - 05:34 WIB
Publik Filipina Dihebohkan Munculnya Monster Laut Raksasa
Publik Filipina Dihebohkan Munculnya Monster Laut Raksasa
A A A
MANILA - Makhluk laut aneh yang ramai disebut sebagai monster laut raksasa ditemukan mati terdampar di sebuah pantai di Kepulauan Dinagat, Filipina. Makhluk misterius itu berbulu putih dengan panjang mencapai 4,5 meter.

Munculnya monster laut raksasa itu memicu warga Filipina berdatangan untuk mengambil gambar. Foto-foto dari makhluk aneh itu telah menyebar di media sosial dan jadi perbincangan, termasuk di kalangan ilmuwan.

Para ilmuwan berupaya mengidentifikasi makhluk itu dengan mengambil sampel kulit. Sebagian besar dari mereka menyimpulkan makhluk aneh itu sebagai Dugong atau sapi laut.

Sufenia Chua, pejabat dari Dinas Pertanian Cagdianao mengatakan kepada ABS-CBN, semalam (24/2/2017), bahwa mahkluk yang dia sebut sebagai duyung tersebut telah terlihat di daerah sekitar sebelumnya.

Kantor Lingkungan dan Sumber Daya Alam wilayah setempat juga sedang meneliti bangkai dari sang monster laut raksasa untuk menentukan penyebab kematian serta jenis spesiesnya.

Duyung adalah mamalia laut herbivora. Makhluk ini ditemukan di perairan pantai yang hangat, mulai dari Samudera Pasifik barat ke pantai timur Afrika. Biasanya, mereka tumbuh hingga sepanjang 3 meter dan berat antara 250 hingga 900kg. Yang terbesar yang pernah tercatat memiliki panjang lebih dari 4 meter.

Pada umumnya, ketika mamalia laut mati, bangkainya tenggelam ke dasar laut dan jadi santapan ikan. Namun, kematian makhluk raksasa di Kepulauan Dinagat membuat para ilmuwan penasaran karena muncul di pantai.

Selama penelitian berlangsung, muncul spekulasi bahwa gempa baru-baru ini diduga menjadi penyebab Dugong muncul ke darat. Namun, spekulasi ini juga belum dijawab para ilmuwan.
(mas)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3261 seconds (0.1#10.140)