Korsel Sebut Korut Memiliki Racun Saraf VX

Jum'at, 24 Februari 2017 - 18:10 WIB
Korsel Sebut Korut Memiliki Racun Saraf VX
Korsel Sebut Korut Memiliki Racun Saraf VX
A A A
SEOUL - Seorang ahli Korea Selatan (Korsel) mengatakan Korea Utara (Korut) memiliki hingga 5.000 ton senjata kimia. Termasuk racun yang digunakan untuk membunuh saudara tiri pemimpin negara itu, Kim Jong-nam.

Kementerian Pertahanan Korsel dalam Buku Putih Pertahanan 2014 mengatakan bahwa Korut mulai memproduksi senjata kimia pada tahun 1980. Diperkirakan negara komunis itu memiliki sekitar 2.500 sampai 5.000 ton senjata kimia.

Korut memiliki fasilitas produksi senjata kimia di delapan lokasi termasuk pelabuhan timur laut Chongjin dan kota barat laut Sinuiju, kata buku itu dalam dari dokumen edisi 2012.

"Korut diyakini memiliki cadangan besar VX, yang dapat dengan mudah diproduksi dengan biaya rendah," kata analis pertahanan Lee Il-woo seperti dikutip dari Straits Times, Jumat (24/2/2017).

Dikembangkan sekitar 100 tahun yang lalu, VX dapat diproduksi di laboratorium kecil atau fasilitas memproduksi pestisida, katanya. "Kimia dan senjata biologi dapat disebarkan melalui berbagai cara seperti artileri, rudal dan pesawat", tambahnya.

Sementara profesor ilmu militer di Hannam University, Kim Jong-ha mengatakan, Korut memiliki 16 jenis racun saraf termasuk VX dan sarin. Mereka juga memiliki bahan kimia mematikan lainnya, termasuk racun yang menyebabkan mati lemas, melepuh dan meracuni darah, serta 13 jenis senjata biologis seperti anthrax dan penyakit pes.

Sebuah laporan awal dari Departemen Kimia menunjukkan bahwa bahan kimia yang sangat beracun telah digunakan untuk membunuh Kim Jong-nam. Bahan kimia tersebut dikenal dengan sebutan VX Nerve Agent atau racun saraf.
(ian)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3482 seconds (0.1#10.140)