Malaysia Pertimbangkan Usir Dubes Korut

Kamis, 23 Februari 2017 - 16:54 WIB
Malaysia Pertimbangkan Usir Dubes Korut
Malaysia Pertimbangkan Usir Dubes Korut
A A A
KUALA LUMPUR - Malaysia sedang mempertimbangkan untuk mengusir Dubes Korea Utara (Korut) atau menutup kedutaannya di Pyongyang. Ketegangan meningkat terkait pembunuhan atas saudara tiri pemimpin Korut Kim Jong-un, Kim Jong-nam.

Dubes Korut untuk Malaysia, Kang Chol, pekan lalu mengatakan negaranya tidak percaya dengan penyelidikan Malaysia. Chol pekan lalu juga menuduh Malaysia berkolusi dengan kekuatan luar, merujuk pada negara tetangganya Korea Selatan (Korsel).

Seorang pejabat senior pemerintah Malaysia yang akrab dengan diskusi ini mengatakan komentar Dubes Kang Chol telah membuat marah Malaysia. Negeri Jiran itu kini tengah mempersiapkan respon, yang bisa termasuk menyatakan Dubes Kang Chol sebagai persona non grata.

Langkah itu akan menjadi respon terkuat yang Malaysia bisa ambil terhadap diplomat asing. Keputusan itu berarti membuat Kang Chil harus meninggalkan negara itu seperti dikutip dari Reuters, Kamis (23/2/2017)

Sumber itu juga mengatakan Malaysia mempertimbangkan pilihan lain. Malaysia bisa menutup kedubesnya di Pyongyang, atau mengakhiri perjalanan bebas visa bagi warga Korut untuk memasuki Malaysia. Malaysia sampai sekarang menjadi salah satu negara dari sedikit negara yang mempertahankan hubungan persahabatan dengan Korut.

"Jika kritik dari Korut tidak berhenti, semua hubungan diplomatik dan perdagangan bisa dihentikan," kata sumber tersebut menambahkan.

Kementerian luar negeri Malaysia sendiri tidak menjawab panggilan telepon saat dimintai komentar.
(ian)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4985 seconds (0.1#10.140)