Edan, Pria China Kabur ke Korea Selatan dengan Jet Ski

Rabu, 23 Agustus 2023 - 05:03 WIB
loading...
A A A
“Dia mengisi ulang bensin di perjalanan dan membuang tong-tong kosong ke laut,” jelas penjaga pantai Korsel seperti dikutip dari BBC, Rabu (23/8/2023).

Penjaga pantai Korsel menambahkan bahwa pria itu mendapat masalah di dekat terminal kapal pesiar di pelabuhan barat Incheon dan meminta bantuan.



Penjaga pantai tidak mengidentifikasi pria tersebut, namun mengatakan dia ditahan Rabu lalu karena berusaha menyelundupkan dirinya ke kota tersebut. Tidak ada kecurigaan bahwa dia bisa menjadi mata-mata.

Lee Dae-seon, dari organisasi nirlaba Dialogue China yang berbasis di Korsel, mengatakan kepada kantor berita AFP pada hari Selasa bahwa Kwon Pyong (35), adalah pria China yang melarikan diri itu.

Kwon telah menghabiskan waktu di penjara China karena mengkritik Presiden Xi Jinping secara terbuka.

Kemungkinan besar dia akan mengalami masalah saat meninggalkan negara tersebut melalui rute perjalanan reguler untuk mendapatkan suaka, dan kemungkinan besar akan dikenakan larangan keluar yang mencegahnya meninggalkan China secara legal.

"Meskipun cara (Kwon) memasuki Korea Selatan dengan melanggar hukum adalah salah, pengawasan terhadap otoritas China dan penganiayaan politik terhadap Kwon sejak tahun 2016 berada di balik penyeberangannya ke Korea Selatan yang membahayakan nyawanya," ucap Lee.

Dia menambahkan bahwa Kwon kini sedang mempertimbangkan apakah akan mengajukan permohonan status pengungsi di Korsel – yang hanya mengabulkan sedikit permohonan setiap tahunnya – atau di negara ketiga.

Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1322 seconds (0.1#10.140)