Edan, Pria China Kabur ke Korea Selatan dengan Jet Ski

Rabu, 23 Agustus 2023 - 05:03 WIB
loading...
Edan, Pria China Kabur ke Korea Selatan dengan Jet Ski
Seorang pria asal China nekat melarikan diri ke Korea Selatan (Korsel) dengan menggunakan jet ski. Foto/BBC
A A A
SEOUL - Seorang pria yang diyakini sebagai aktivis hak asasi manusia China telah ditangkap di Korea Selatan (Korsel) setelah berupaya melarikan diri ke Negeri Gingseng itu dengan menggunakan jet ski.

Penjaga pantai Korsel mengatakan pria tersebut telah melakukan perjalanan sekitar 300 km melintasi Laut Kuning menggunakan teropong dan kompas, namun kemudian terjebak.

Laporan lokal menyebut pria China itu sebagai Kwon Pyong, seorang kritikus Presiden Xi Jinping , namun identitasnya belum diverifikasi.

Kedutaan Besar China di Seoul menolak berkomentar terkait hal ini.

Dalam beberapa tahun terakhir, Beijing telah meningkatkan penerapan larangan keluar di bandara dan penyeberangan perbatasan resmi lainnya untuk menghalangi para aktivis meninggalkan wilayah China.



Banyak negara pro-Beijing di Asia Tenggara tidak lagi menampung pencari suaka, sehingga menambah kesulitan yang dihadapi para pembangkang yang ingin melarikan diri.

Bulan lalu, pengacara hak asasi manusia terkenal asal China, Lu Siwei, ditangkap di Laos dan dikembalikan ke negara itu sebelum ia dapat bergabung dengan istri dan anak-anaknya di Amerika Serikat (AS).

Namun sebuah jet ski melintasi perairan berombak menuju Korsel mungkin merupakan salah satu upaya pelarian paling ekstrem yang terlihat di zaman modern.

Penjaga pantai Korsel mengatakan pria tersebut, yang mengenakan jaket pelampung dan helm, sedang menarik lima barel bahan bakar dari provinsi Shandong di belakang mesin 1.800cc.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1402 seconds (0.1#10.140)