Badai Hilary Terjang AS dan Meksiko, Tidak Ada Korban WNI

Selasa, 22 Agustus 2023 - 22:49 WIB
loading...
Badai Hilary Terjang AS dan Meksiko, Tidak Ada Korban WNI
Kementerian Luar Negeri pastikan tidak ada WNI yang menjadi korban badai Hilary yang menerjang AS dan Meksiko. Foto/Reuters
A A A
JAKARTA - Badai Hilary menerjang wilayah California, Amerika Serikat (AS) dan Meksiko sejak Minggu (20/8/2023) lalu, menyebabkan angin kencang dan banjir bandang. Saat ini otoritas AS telah menurunkan status Badai Hilary dari badai (hurricane) menjadi badai tropis (tropical storm).

Sedangkan dampak Badai Hilary di Meksiko antara lain satu korban meninggal dunia, penutupan Bandara Los Cabos, serta evakuasi penduduk di Kota Santa Rosalia, Baja California. Otoritas Meksiko juga telah menurunkan status Badai Hilary menjadi Kategori 1 (paling rendah).

Terkait situasi di dua negara itu, Direktur Perlindungan WNI dan Badan Hukum Indonesia (PWNI-BHI) Kemlu RI Judha Nugraha mengatakan, KBRI Mexico City dan KJRI Los Angeles (LA) terus memantau dampak Badai Hilary baik di wilayah AS maupun Meksiko.



"Hingga saat ini tidak ada informasi mengenai WNI yang menjadi korban Badai Hilary. Meskipun demikian, KBRI Mexico City dan KJRI LA terus memonitor dan berkoordinasi dengan otoritas setempat dan komunitas masyarakat Indonesia, antara lain untuk antisipasi kemungkinan banjir yang dapat terjadi," kaya Judha dalam keterangan tertulisnya, Selasa (22/8/2023).

"KBRI Mexico City dan KJRI LA juga telah menyampaikan imbauan kepada para WNI di wilayah terdampak untuk tetap waspada dan berhati-hati dan segera menghubungi hotline Perwakilan RI jika memerlukan bantuan," demikian pernyataan Judha.

(ian)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0957 seconds (0.1#10.140)