Dramatis, 2 Jet Tempur Jerman Cegat Pesawat Pembawa 345 Orang

Selasa, 21 Februari 2017 - 23:48 WIB
Dramatis, 2 Jet Tempur Jerman Cegat Pesawat Pembawa 345 Orang
Dramatis, 2 Jet Tempur Jerman Cegat Pesawat Pembawa 345 Orang
A A A
BERLIN - Adegan dramatis terjadi di wilayah udara Jerman, di mana dua pesawat jet tempur mencegat dan mengawal pesawat komersial yang membawa 345 orang. Pencegatan atau intersepsi dilakukan dua jet tempur Jerman setelah pilot pesawat sipil itu hilang kontak dengan petugas kontrol lalu lintas udara.

Semula pesawat Jet Airways 9W 118 dengan 330 penumpang dan 15 awak sedang melakukan perjalanan dari Mumbai, India, ke Heathrow, Inggris. Namun, pilot pesawat tiba-tiba hilang kontak dengan petugas kontrol lalu lintas udara ketika pesawat melintas di wilayah udara Cologne.

Otoritas terkait Jerman mengerahkan dua pesawat Eurofighter Typhoon sesaat setelah menerima informasi soal pilot Jet Airways yang hilang kontak dengan petugas kontrol lalu lintas udara.

Aksi pencegatan oleh dua jet tempur itu juga direkam kru pesawat British Airways yang terbang di belakang pesawat Jet Airways. Insiden ini sejatinya terjadi Kamis lalu, namun baru diungkap hari Selasa.

Rekaman pencegatan pesawat yang berlangsung dramatis itu telah diunggah ke Facebook oleh akun CirrusPilot. Video itu viral di media sosial dan telah dilihat lebih dari 1,2 juta kali.

”Rekaman yang luar biasa dari Angkatan Udara Jerman mencegat Jet Airways 777-300ER yang menuju London (dari Mumbai) kemarin, setelah gagal untuk merespons frekuensi ATC (kontrol lalu lintas udara) secara tepat,” tulis CirrusPilot.

”Pesawat British Airways yang membuntuti menangkap rekaman di dekat Cologne, Jerman. Pilot JA melihat Eurofighters dan setelah berbicara selama frekuensi darurat pesawat menuju London,” lanjut CirrusPilot.

Sementara itu, pihak maskapai Jet Airways juga telah mengonfirmasi kejadian itu dalam sebuah pernyataan. ”Kontak antara Jet Airways 9W 118, dari Mumbai ke Bandara Heathrow, London dan ATC setempat sempat hilang saat terbang di atas wilayah udara Jerman,” bunyi pernyataan Jet Airways, seperti dikutip Daily Mirror, Selasa (21/2/2017).

”Komunikasi telah dipulihkan dalam beberapa menit,” lanjut pernyataan tersebut.
(mas)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4333 seconds (0.1#10.140)