9 Pembunuh Terkenal Pemimpin Dunia, Salah Satunya Pengawal Pribadi

Selasa, 22 Agustus 2023 - 14:15 WIB
loading...
9 Pembunuh Terkenal Pemimpin Dunia, Salah Satunya Pengawal Pribadi
Princip Gavrillo dianggap pahlawan bagi rakyat Serbia. Foto/Wikipedia
A A A
WASHINGTON - Pembunuhan seorang presiden, perdana menteri, raja, atau pemimpin dunia lainnya dapat terjadi di seluruh negara. Sebagai akibat dari pengalaman yang menyakitkan dalam sejarah mereka, sebagian besar pemerintah kini memberikan perlindungan kepada pemimpin mereka.

Para pembunuh para pemimpin dunia tetap tercatat dalam sejarah. Pembunuhan tersebut umumnya memiliki motif kebencian tertentu yang berlebihan. Tak jarang juga para pembunuh tersebut juga memiliki motif politik dengan agenda yang hendak diusungnya.

Berikut adalah 9 pembunuh terkenal yang terjadi sejak tahun 1865 hingga kini.

1. Lee Harvey Oswald (Pembunuh John F.Kennedy)

9 Pembunuh Terkenal Pemimpin Dunia, Salah Satunya Pengawal Pribadi

Foto/Wikipedia

Melansir Britannica, John F. Kennedy adalah presiden Amerika Serikat ke-35 (1961–63), yang menghadapi sejumlah krisis luar negeri, terutama di Kuba dan Berlin, namun berhasil mencapai prestasi seperti Perjanjian Pelarangan Uji Coba Nuklir dan Aliansi untuk Kemajuan. Dia dibunuh saat mengendarai iring-iringan mobil di Dallas.

Dia adalah orang termuda dan orang Katolik Roma pertama yang terpilih menjadi presiden Amerika Serikat. Pemerintahannya berlangsung selama 1.037 hari. Sejak awal dia prihatin dengan urusan luar negeri. Dalam pidato pengukuhannya yang mengesankan, ia menyerukan kepada warga Amerika “untuk memikul beban perjuangan panjang di masa senja…melawan musuh bersama umat manusia: tirani, kemiskinan, penyakit, dan perang itu sendiri.”

Lee Harvey Oswald adalah tersangka pembunuh Presiden John F. Kennedy. Sebagai catatan sejarah, pada pukul 12:30 tanggal 22 November 1963, dari jendela di lantai enam gedung penyimpanan, Oswald, dengan menggunakan senapan pesanan, diduga melepaskan tiga tembakan yang menewaskan Presiden Kennedy dan melukai Gubernur Texas John. B. Connally dalam iring-iringan mobil terbuka di Dealey Plaza.

Oswald naik bus dan taksi ke rumah kosnya, berangkat, dan sekitar satu mil jauhnya dihentikan oleh Petugas Patroli J.D. Tippit, yang percaya bahwa Oswald mirip dengan tersangka yang telah digambarkan melalui radio polisi. Oswald membunuh Tippit dengan pistol pesanan lewat pos. Sekitar pukul 13:45 Oswald ditangkap di Teater Texas oleh petugas polisi menanggapi laporan tersangka. Pada pukul 1:30 pagi tanggal 23 November dia secara resmi didakwa atas pembunuhan Presiden Kennedy.


2. John Wilkes Booth (Pembunuh Abraham Lincoln)

9 Pembunuh Terkenal Pemimpin Dunia, Salah Satunya Pengawal Pribadi

Foto/Wikipedia

Abraham Lincoln adalah presiden Amerika Serikat ke-16 (1861–65), yang mempertahankan Persatuan selama Perang Saudara Amerika dan mewujudkan emansipasi para budak. Di antara para pahlawan Amerika, Lincoln terus memiliki daya tarik yang unik bagi rekan senegaranya dan juga bagi orang-orang di negara lain.

John Wilkes Booth, anggota salah satu keluarga akting paling terkemuka di Amerika Serikat pada abad ke-19, membunuh Presiden Abraham Lincoln. Booth adalah pendukung perbudakan dan kebenciannya terhadap Lincoln.

Dia adalah seorang sukarelawan di milisi Richmond yang menggantungkan abolisionis John Brown pada tahun 1859. Pada musim gugur tahun 1864 Booth mulai merencanakan penculikan Presiden Lincoln yang sensasional.

Pada pagi hari tanggal 14 April 1865, Booth mengetahui bahwa presiden akan menghadiri pertunjukan malam komedi Our American Cousin di Teater Ford di ibu kota. Booth buru-buru mengumpulkan bandnya dan menugaskan setiap anggota tugasnya, termasuk pembunuhan Menteri Luar Negeri William Seward. Dia sendiri akan membunuh Lincoln. Sekitar pukul 18.00 Booth memasuki teater yang sepi, di mana dia merusak pintu luar kotak kepresidenan agar bisa ditutup rapat dari dalam. Dia kembali selama babak ketiga drama itu untuk menemukan Lincoln dan tamunya tidak dijaga.

Memasuki kotak, Booth mengeluarkan pistol dan menembak Lincoln melalui bagian belakang kepala. Dia bergulat sebentar dengan pelindung, mengayunkan dirinya di atas langkan, dan melompat darinya, berteriak, "Sic semper tyrannis!" (moto negara bagian Virginia, yang berarti "Selalu untuk para tiran!") dan "Selatan dibalaskan!" Dia mendarat dengan keras di atas panggung, mematahkan tulang di kaki kirinya, tetapi berhasil melarikan diri ke gang dan kudanya.

Sebelas hari kemudian, pada tanggal 26 April, pasukan Federal tiba di sebuah peternakan di Virginia, tepat di sebelah selatan Sungai Rappahannock, tempat seorang pria yang disebut Booth bersembunyi di gudang tembakau. David Herold, konspirator lainnya, berada di gudang bersama Booth.

3. James Earl Ray (Pembunuh Martin Luther King)

9 Pembunuh Terkenal Pemimpin Dunia, Salah Satunya Pengawal Pribadi

Foto/Wikipedia

Martin Luther King, Jr. adalah seorang pendeta Baptis dan aktivis sosial yang memimpin gerakan hak-hak sipil di Amerika Serikat dari pertengahan tahun 1950-an hingga kematiannya karena pembunuhan pada tahun 1968.

Kepemimpinannya sangat penting bagi keberhasilan gerakan tersebut dalam mengakhiri segregasi hukum di negara tersebut. Afrika-Amerika di Selatan dan bagian lain Amerika Serikat.

James Earl Ray adalah pembunuh King. Ray pernah menjadi penjahat kecil-kecilan, perampok pom bensin dan toko, yang pernah menjalani hukuman penjara, sekali di Illinois dan dua kali di Missouri, dan menerima hukuman percobaan di Los Angeles. Dia melarikan diri dari Penjara Negara Bagian Missouri pada 23 April 1967; dan masuk Memphis, Tenn., hampir setahun kemudian, pada tanggal 4 April 1968, dari jendela rumah kos tetangga, dia menembak King, yang sedang berdiri di balkon kamar motel.

Ray melarikan diri ke Toronto, mengamankan paspor Kanada melalui agen perjalanan, terbang ke London lalu ke Lisbon. Pada 8 Juni dia ditangkap oleh polisi London di Bandara Heathrow saat dia akan berangkat ke Brussel; FBI telah menetapkan dia sebagai tersangka utama segera setelah pembunuhan itu.

4. Prinsip Gavrilo (Pembunuh Franz Ferdinand)

9 Pembunuh Terkenal Pemimpin Dunia, Salah Satunya Pengawal Pribadi

Foto/Wikipedia

Francis Ferdinand adalah seorang pemimpin Austria yang pembunuhannya menjadi penyebab langsung Perang Dunia I. Francis Ferdinand adalah putra tertua dari archduke Charles Louis, yang merupakan saudara dari kaisar Francis Joseph. Pada bulan Juni 1914 dia dan istrinya dibunuh oleh nasionalis Serbia Gavrilo Princip di Sarajevo; sebulan kemudian Perang Dunia I dimulai dengan deklarasi perang Austria melawan Serbia.

Tindakan Princip memberikan alasan kepada Austria-Hongaria bahwa mereka berusaha membuka permusuhan terhadap Serbia dan dengan demikian memicu Perang Dunia I. Di Yugoslavia—negara Slavia Selatan yang ia impikan—Princip kemudian dianggap sebagai pahlawan nasional.

Lahir dari keluarga petani Serbia Bosnia, Princip dilatih terorisme oleh perkumpulan rahasia Serbia yang dikenal sebagai Tangan Hitam (nama asli Ujedinjenje ili Smrt, “Persatuan atau Kematian”). Ingin menghancurkan pemerintahan Austro-Hongaria di Balkan dan menyatukan masyarakat Slavia Selatan menjadi negara federal, ia percaya bahwa langkah pertama yang harus dilakukan adalah pembunuhan anggota keluarga kekaisaran Habsburg atau pejabat tinggi pemerintah.

5. Nathuram Godse (Mohandas “Mahatma” Gandhi)

Mohandas Karamchand Gandhi adalah pemimpin gerakan nasionalis India melawan pemerintahan Inggris, dan dianggap sebagai bapak negaranya. Dia dihormati secara internasional karena doktrinnya tentang protes tanpa kekerasan untuk mencapai kemajuan politik dan sosial.

Nathuram Godse percaya bahwa Gandhi memperlakukan umat Islam dengan lebih hormat dibandingkan umat Hindu, misalnya dengan memasukkan Al-Quran ke dalam ajarannya di kuil-kuil Hindu, namun menolak membaca Bhagavad Gita di masjid-masjid.

Godse juga mengkritik apa yang dia anggap sebagai penggunaan kekuasaan yang tidak efektif oleh Gandhi di Kongres Nasional India selama dan setelah pemisahan negara. Pada tanggal 30 Januari, para saksi mata mengatakan bahwa Godse menembak Gandhi tiga kali dari jarak dekat, saat Gandhi berjalan melewati taman kediaman pribadinya.

6. Leon Czolgosz (Pembunuh William McKinley)

William McKinley adalah presiden ke-25 Amerika Serikat (1897–1901). Di bawah kepemimpinan McKinley, Amerika Serikat berperang melawan Spanyol pada tahun 1898 dan dengan demikian memperoleh pengakuan global, termasuk Puerto Riko, Guam, dan Filipina.

Dicalonkan kembali untuk masa jabatan berikutnya tanpa oposisi, McKinley kembali menghadapi Demokrat William Jennings Bryan dalam pemilihan presiden tahun 1900. Setelah pelantikannya pada tahun 1901, McKinley meninggalkan Washington untuk melakukan tur ke negara bagian barat, yang diakhiri dengan pidato di Pameran Pan-Amerika di Buffalo, New York.

Leon Czolgosz adalah seorang pekerja pabrik yang menjadi anarkis setelah mempertimbangkan kesenjangan antara kaya dan miskin serta menyaksikan ketegangan antara pekerja dan manajer di pabrik tempatnya bekerja. Czolgosz berusia 28 tahun ketika dia menembak McKinley. Beberapa sumber menyatakan bahwa Czolgosz terinspirasi oleh pembunuhan Raja Umberto I dari Italia oleh Gaetano Bresci, yang juga seorang anarkis, kira-kira satu tahun sebelumnya.

7. Charles J. Guiteau (Pembunuh James Garfield)

9 Pembunuh Terkenal Pemimpin Dunia, Salah Satunya Pengawal Pribadi

Foto/Wikipedia

James A. Garfield adalah presiden Amerika Serikat ke-20 (4 Maret – 19 September 1881), yang memiliki masa jabatan terpendek kedua dalam sejarah kepresidenan. Ketika dia ditembak dan dilumpuhkan, muncul pertanyaan konstitusional yang serius mengenai siapa yang harus menjalankan fungsi kepresidenan dengan baik. Pada tanggal 2 Juli 1881, setelah hanya empat bulan menjabat, saat dalam perjalanan mengunjungi istrinya yang sakit di Elberon, New Jersey, Garfield ditembak dari belakang di stasiun kereta api di Washington, D.C., oleh Charles J. Guiteau, seorang pencari kantor yang kecewa dengan visi mesianis.

Guiteau dengan damai menyerah kepada polisi, dengan tenang mengumumkan, “Saya seorang Pendukung [Chester A.] Arthur sekarang menjadi presiden Amerika Serikat.” Selama 80 hari presiden terbaring sakit dan hanya melakukan satu tindakan resmi—penandatanganan surat ekstradisi. Secara umum disepakati bahwa, dalam kasus seperti itu, wakil presiden diberi wewenang oleh Konstitusi untuk mengambil alih kekuasaan dan tugas jabatan presiden.

Charles J. Guiteau adalah seorang pria dengan gangguan mental yang tidak berhasil bekerja sebagai editor dan pengacara. Ia menjadi pendukung setia sayap pendukung Partai Republik, yang lebih memilih Ulysses S. Grant.

8. Pengawal Sikh (Pembunuh Indira Gandhi)

Indira Gandhi menjabat sebagai perdana menteri India selama tiga masa jabatan berturut-turut (1966–77) dan masa jabatan keempat dari tahun 1980 hingga dia dibunuh pada tahun 1984. Dia adalah anak tunggal Jawaharlal Nehru, perdana menteri pertama India merdeka. Setelah Nehru meninggal pada tahun 1964, ia digantikan oleh La Bahadur Shastri yang menjabat sebagai perdana menteri India hingga ia juga meninggal mendadak.

Gandhi memerintahkan serangan tentara pada bulan Juni 1984 di tempat suci paling suci Sikh, Harmandir Sahib (Kuil Emas) di Amritsar, yang menyebabkan kematian sedikitnya 450 orang Sikh. Lima bulan kemudian Gandhi terbunuh di kebunnya oleh rentetan peluru yang ditembakkan oleh dua pengawal Sikhnya sendiri sebagai balas dendam atas serangan di Kuil Emas.

9. Milisi Macan Tamil (Pembunuh Rajiv Gandhi)

Rajiv Gandhi, putra Indira, menjadi sekretaris jenderal terkemuka Partai Kongres India (dari 1981) dan perdana menteri India (1984–89) setelah pembunuhan ibunya. Dia sendiri dibunuh pada tahun 1991.

Saat Rajiv Gandhi sedang berkampanye di Tamil Nadu untuk pemilihan parlemen mendatang ketika dia dan 16 orang lainnya terbunuh oleh bom yang disembunyikan di sekeranjang bunga yang dibawa oleh seorang wanita yang terkait dengan Macan Tamil. Pada tahun 1998 sebuah pengadilan India menghukum 26 orang dalam konspirasi untuk membunuh Gandhi.
(ahm)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1606 seconds (0.1#10.140)