Hampir Sama, Ada 5 Perbedaan Bendera Polandia dan Indonesia

Selasa, 22 Agustus 2023 - 09:27 WIB
loading...
Hampir Sama, Ada 5 Perbedaan Bendera Polandia dan Indonesia
Bendera Polandia dan bendera Indonesia memiliki banyak perbedaan. Foto/Qoura
A A A
JAKARTA - Secara kasat mata, benderan Polandia dan bendera Indonesia terlihat sangat mirip dari segi warna, hanya saja posisi nya yang saling terbalik.

Meski sekilas terlihat sama, ternyata bendera Polandia dan bendera Indonesia ternyata memiliki perbedaan yang cukup berarti. Banyak yang tidak menyadari meskipun keduanya terlihat sama, ternyata ada beberapa perbedaan yang sangat mencolok jika diperhatikan.

Berikut adalah beberapa perbedaan utama antara kedua bendera tersebut:

Perbedaan Bendera Polandia dan Indonesia

1. Warna Bendera

Perbedaan sangat terlihat dari intensitas warna merah dari kedua bendera tersebut. Bendera Polandia memiliki warna merah yang sedikit lebih gelap dibandingkan bendera Indonesia yang identik dengan warna merah terang.

Nuansa merah tidak persis sama, namun cukup mirip sehingga sulit bagi kebanyakan orang untuk membedakannya.

2. Simbol Dari Setiap Warna

Meski memiliki komposisi warna yang sama, merah dan putih, namun baik bendera Indonesia dan bendera Polandia memiliki arti yang berbeda dari setiap warna tersebut.

Pada bendera Indonesia, warna merah melambangkan keberanian, sedangkan warna putihnya melambangkan kesucian.

Sedangkan pada bendera Polandia warna putih melambangkan perdamaian dan kejujuran. Kemudian warna merah melambangkan darah yang tertumpah untuk kemerdekaan Polandia.

3. Desain Bendera

Dengan kombinasi warna merah dan putih, kedua bendera ini terlihat sama dari segi warna. Namun desain dari kedua bendera ini sangatlah berbeda yang bisa dilihat secara kasat mata.

Bendera Indonesia memiliki bentuk horizontal warna merah di bagian atas dan warna putih di bagian bawahnya. Sedangkan bendera Polandia berbentuk horizontal dengan warna putih di atas dan warna merah di bagian bawahnya.

4. Proporsi Bendera

Meski kedua bendera ini terlihat sangat mirip dan hanya posisinya saja yang terbalik, namun jika diperhatikan keduanya memiliki proporsi warna bendera yang sangat berbeda. Bendera Indonesia memiliki aspek rasio 5:8, sedangkan bendera Indonesia memiliki aspek rasio 2:3.

5. Sejarah Bendera

Bendera merah putih Indonesia mulai direncanakan dalam perjalanan menuju kemerdekaan dan berkibar sejak hari Kemerdekaan Indonesia pada 17 Agustus 1945.

Sebaliknya, bendera Polandia telah mengalami beberapa desain selama berabad-abad, dengan versi saat ini diadopsi pada tahun 1919 setelah Polandia memperoleh kembali kemerdekaannya setelah Perang Dunia I.

Itulah 5 perbedaan bendera Polandia dan Indonesia, semoga informasi ini bermanfaat.
(ahm)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1237 seconds (0.1#10.140)