Denmark dan Belanda: Jet Tempur F-16 Hanya Boleh Digunakan di Wilayah Ukraina!

Selasa, 22 Agustus 2023 - 04:09 WIB
loading...
Denmark dan Belanda: Jet Tempur F-16 Hanya Boleh Digunakan di Wilayah Ukraina!
Denmark dan Belanda akan memasok Kyiv dengan jet tempur F-16, syaratnya hanya boleh digunakan di wilayah Ukraina. Foto/REUTERS
A A A
STOCKHOLM - Jet tempur F-16 yang akan disumbangkan ke Kyiv oleh Denmark dan Belanda hanya boleh digunakan di wilayah Ukraina. Jet tempur buatan Amerika Serikat itu tidak boleh digunakan untuk menginvasi wilayah Rusia.

Hal itu ditegaskan Menteri Pertahanan Denmark Jakob Ellemann-Jensen pada hari Senin.

"Kedua negara akan menyumbangkan senjata dengan syarat digunakan untuk mengusir musuh keluar dari wilayah Ukraina. Dan tidak lebih dari itu," katanya, seperti dikutip dari Reuters, Selasa (22/8/2023).

“Itulah syaratnya, apakah itu tank, pesawat tempur atau yang lainnya,” ujar Ellemann-Jensen.

Ketua Partai Konservatif Denmark Soren Pape Poulsen juga menegaskan bahwa pesawat yang dirancang AS tidak boleh beroperasi di luar wilayah Ukraina dalam keadaan apa pun.

“Penting bahwa mereka akan digunakan untuk pertahanan diri di Ukraina. Idenya adalah bahwa pesawat tidak digunakan untuk masuk dan menyerang Rusia,” kata Poulsen."Kita harus ingat bahwa ada garis pemisah di sana.”

Pada hari Minggu, baik Denmark dan Belanda mengumumkan bahwa mereka akan memasok Kyiv dengan F-16 yang telah lama diminta, ketika Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky melakukan kunjungan ke pangkalan udara di Eindhoven untuk bertemu dengan Perdana Menteri Belanda Mark Rutte.

Selama konferensi pers bersama, pemimpin Belanda itu mengatakan bahwa sementara negaranya memiliki 42 jet F-16, belum jelas berapa banyak yang akan disumbangkan ke Kyiv.

Zelensky, bagaimanapun, kemudian menyarankan dalam sebuah posting Telegram bahwa Belanda semestinya menyerahkan seluruh armadanya.

Bersamaan dengan itu, Denmark merilis pernyataan yang mengumumkan bahwa mereka akan memberi Kyiv jet tempur F-16, tetapi juga tidak menentukan berapa banyak jet yang akan dikirimnya, hanya mencatat bahwa kondisi tertentu harus dipenuhi agar transfer dapat terpenuhi.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1037 seconds (0.1#10.140)